Galian C KBB Makan Korban

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (PBPBD) Jawa Barat, R. Haryadi Wargadibrata, untuk Juni jumlah bencana di Jawa Barat hanya mencapai 50 bencana. ”Banjir sudah berkurang tentunya, sehingga jumlah bencana juga berkurang,” ungkap Haryadi kepada Jabar Ekspres di temui di kantornya, kemarin (11/7).

Sampai Mei, kata dia, jumlah korban yang terancam bencana sebanyak 43.178 orang. Jumlah itu, korban yang meninggal mencapai 22 orang, jumlah korban yang luka-luka mencapai 55 orang dan hilang hanya 3 orang. Sedangkan untuk kerugian mencapai sekitar Rp 17 miliar.

Dia menjelakan, paling banyak kerusakan yang terjadi merupakan kerusakan ringan yang mencapai 838 tempat tingga Untuk kerusakan Berat dan Sedang hampir setara, yaitu sekitar 500 tempat tinggal. Sedangkan sarana lainnya yang rusak adalah sarana sekolah yang mencapai 43 sekolah.

”Untuk bencana tahun lalu paling banyak terjadi adalah bencana kebakaran sekitar 192 kejadian dan kedua adalah tanah longsor sekitar 178 kejadian bencana,” jelasnya.

Terkait jumlah, kata dia, jauh lebih sedikit tahun lalu di bandingkan tahun sekarang. Di tahun lalu, Jawa Barat hanya terjadi bencana sekitar 532 bencana.

Terkait bencana yang ada di Jawa Barat, Badan Penanggulangan Bencana  Nasional (BPBN) di 2013, Kabupaten Cianjur merupakan wilayah yang paling tinggi tingkat kerawanannya. Kemudian disusul Kabupaten Garut dan Kabupaten Sukabumi. Sedangkan untuk yang paling rendah kerawanannya adalah Kota Depok. (drx/nit/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan