Acep Purnama Resmi Dilantik

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan resmi melantik  Acep Purnama sebagai Bupati Kuningan periode 2013-2018. Dia dilantik melanjutkan kepemimpinan almarhumah Utje Choeriah Hamid Suganda. Pelantikan dilaksanakan di Aula Barat Gedung Sate, Jalan Diponegoro Bandung, kemarin (14/6).

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan berharap dilantiknya Acep Purnama bisa mendorong penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan supaya kembali berjalan lancar dan kondusif. Menurut pria yang akrab disapa Aher tersebut, bupati harus dapat melakukan kebijakan pembangunan yang pro-poor, pro-job, pro-growth, dan pro-environment. Untuk itu harus terus meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Kuningan yang pada 2015 telah mencapai 74,11 poin.

”Difokuskan pada pembangunan pada peningkatan aksesibilitas dan mutu pendidikan yang didukung dengan anggaran minimal sebesar 20 persen APBD,” katanya dalam amanatnya saat pelantikan tersebut.

Heryawan mengungkapkan, untuk itu diharapkan bisa terus meningkatkan rata-rata lama sekolah yang sudah tercapai 8,82 tahun, angka partisipasi murni SD (99,83 persen), SMP (90,61 persen ) dan SMA/SMK (54,67 persen). Serta angka melek huruf yang sudah tercapai 98,71 persen dengan capaian Indeks Pendidikan sebesar 85,40 poin.

Selain itu menurutnya, Pemkab Kuningan agar memberikan perhatian penuh terhadap peningkatan aksesibilitas dan kualitas layanan.

Di samping itu, jaringan irigasi dalam kondisi baik agar terus ditingkatkan sehingga bisa menggenjot sektor pertanian sebagai sektor unggulan Kabupaten Kuningan.

”Pada tahun 2014 Kabupaten Kuningan pada Sektor Kehutanan dan Perikanan telah mampu memberikan kontribusi sebesar 23,23 persen terhadap PDRB (Produk Domestik Regional Bruto, Red),” ungkapnya.

Lebih lanjut Aher meminta, bupati baru memfokuskan kebijakan pengembangan agropolitan dan kepariwisataan daerah yang berorientasi pada pemberdayaan perekonomian rakyat dan sumberdaya lokal. Selain itu, dalam bidang pemerintahan untuk terus mempertahankan opini WTP atas hasil pemeriksaan LKPD dari BPK yang sudah diraih dua tahun secara berturut-turut.

”Saya harap semua pekerjaan yang telah berjalan dengan baik itu bisa dilanjutkan dan lebih ditingkatkan,” tegas Aher.

Terpisah, Bupati Kuningan Acep Purnama memaparkan, dirinya akan melajutkan pembangunan Kabupaten Kuningan. Namun demikian, dalam kurun sisa masa jabatan yang tinggal 2,5 tahun lagi tentu harus bekerja ekstra keras. Sehingga apa yang diharapkan bisa berjalan sesuai harapan. ”Untuk itu saya juga berharap dukungan dari semua masyarakat Kabupaten Kuningan,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan