oleh

KLH Cimahi Galakkan Pembibitan Tanaman Keras

bandungekspres.co.id– Meningkatkan upaya penghijauan di lahan terbuka hijau di Kota Cimahi, Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Cimahi terus melakukan pembibitan pohon di Posko Bibit. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya dalam menjaga stok bibit tanaman, terutama tanaman keras

”Kami memang membawahi masalah kehutanan. Karena itu kami terus melakukan pembibitan tanaman keras dan buah-buahan di posko bibit,” ujar Kepala KLH Cimahi M. Ronny.

Posko bibit tersebut berada di lingkungan kompleks Pemkot Cimahi Jln. Rd. Demang Hardjakusumah.

Di posko pembibitan yang memiliki luas lahan sekitar 800 meter persegi ini, lanjut Ronny, pihaknya melakukan penyemaian dan lainnya. Tanaman yang diprioritaskan yakni bibit tanaman keras seperti mahoni dan buah-buahan. Terlebih, tanaman keras ini mempunyai umur yang panjang.

”Pembibitan ini untuk menjaga stok. Sampai saat ini bibit yang terkumpul ada sekitar 2000 bibit. Dengan melakukan pembibitan sendiri, kita bisa hemat anggaran karena kalau penghijauan tidak perlu beli,” terangnya.

Ronny melanjutkan, untuk penanaman pohon, disesuaikan dengan peruntukannya. Seperti untuk di pinggir jalan, pohon tersebut tidak mungkin pohon yang memiliki diameter besar. Karena, bisa mengganggu dan juga dapat membahayakan.

” Kalau yang besar, takutnya ketika rapuh akan membahayakan. Makanya kita sesuaikan,” imbuhnya.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga