Sosialisasi Damkar Lewat Lomba

bandungekspres.co.id – Memperingati HUT Pemadam kebakaran ke-97, UPTD Pemadam kebakaran (Damkar) Kota Cimahi  menggelar lomba mewarnai di Lapang Krida Utama, Jalan Baros, Kecamatan Cimahi Selatan,kemarin (31/3). Dalam lomba itu, ratusan siswa TK dan PAUD se-Kota Cimahi ikut dalam perlombaan tersebut.

Menurut Kepala UPTD Damkar Kota Cimahi, Herry Setiawan mengatakan, lomba yang melibatkan anak-anak TK dan PUD ini sebagai bentuk pertanggunjawaban instansi  Damkar dalam peningkatan kreativitas dan imajinasi anak serta penyaluran bakat siswa.

”Lomba ini juga sebagai bentuk penyampaian informasi kepada masyarakat melalui media gambar bahwa upaya pencegahan dan penanggulangan kebakran harus diketahui sejak dini, khususnya di kalangan siswa TK dan PAUD,”  terangnya.

Disebutkan Herry, peserta berasal dari 23 TK dan 21 PAUD se Kota Cimahi dengan 8 wakil dari sekolahnya masing-masing.  Jumlah peserta sendiri mencapai 500 anak usia 4 sampai 6 tahun. Pada lomba ini juga, Damkar Cimahi memberikan edukasi kepada masyarakat dalam hal ini anak-anak di usia dini agar mampu mengenal tugas seorang pemadam kebakaran dalam usaha pencegahannya.

Selain dengan lomba mewarnai HUT Damkar ke-97, juga dimeriahkan dengan kegiatan Jalan Sehat yang akan dilaksanakan pada 3 April 2016 di tempat yang sama. Peserta  Lomba jalan sehat  yang digelar gratis ini akan memperebutkan puluhan hadiah dan grand prize satu unit sepeda motor. ”Harapannya, melalui lomba pesan yang kami sampaikan dalam pencegahan bahaya kebakaran ini bisa lebih mudah dicerna masyarakat,” ulasnya.

Sedangkan Wakil Wali Kota Cimahi Sudiarto mengatakan, pengenalan pencegahan  bahaya kebakaran harus dilakuan kepada masyarakat agar lebih dini mengantisipasi bahaya kebakaran dilingkungannya masing-masing.

”Ancaman terjadinya kebakaran ini banyak disebabkan karena human error, karenanya masyarakat harus lebih berhati-hati dalam menggunakan peralatan rumah tangga yang menggunakan  listrik atau saat meninggalkan rumah,” sebutnya.

Pengenalan pengetahuan bahaya kebakaran ini harus terus dilakukan disetiap ada kesempatan,karena kebakaran bisa terjadi kapan saja.

Dengan mengenal dan memiliki pengetahuan yang cukup akan ancaman bahaya kebakaran, kejadian kebakaran khususnya di Kota Cimahi bisa dicegah. ”Kebakaran bisa menelan korban jiwa atau materi, masyarakat harus lebih waspada menghindari kemungkinan terjadinya kebakaran ini,” pungkas Sudiarto, saat membuka lomba. (bun/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan