Ribuan Karyawan PT Pos Bersihkan Alun-alun Bandung

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional

bandungekspres.co.id – Ribuan karyawan PT Pos Indonesia turun ke jalan memungut sampah dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional di daerah Alun-alun Kota Bandung dan sepanjang Jalan Asia-Afrika kemarin (21/2). Seluruh karyawan menggunakan pakaian serba oranye membawa alat pembersih sampah seperti sapu, ember dan serokan sampah.

Direktur Utama PT Pos Indonesia Gilarsi Wahyu Setijono mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian PT Pos dan karyawan terhadap kebersihan dan masalah sampah. Selain itu nantinya diharapkan agar karyawan PT Pos bisa memberikan contoh kepada keluarga dan masyarakat sekitar untuk peduli sampah.

”Untuk mewujudkan Indonesia bebas sampah pada 2020, harus dimulai dari elemen masyarakat terkecil yakni keluarga,” katanya kepada wartawan di sela kegiatan.

Gilarsi memaparkan, dengan gerakan ini, maka para karyawan PT Pos diharapkan bisa membiasakan diri untuk peduli sampah. Meraka bisa mengajak keluarga dan masyarakat di sekitar lingkungannya bekerja untuk merubah kebiasaan agar membuang sampah pada tempatnya. Maka diperlukan adanya elemen masyarakat yang memberikan contoh dalam melakukan perubahan.

”Tanpa adanya usaha yang keras dari semua individu dan elemen masyarakat, maka Indonesia Bebas Sampah Tahun 2020 mendatang tidak akan bisa terwujud,” paparnya.

Lebih lanjut Gilarsi mengungkapkan, banyak masyarakat saat ini yang memandang masalah sampah dengan sepele. Padahal, masalah sampah ini akan menjadi hal yang membahayakan jika tidak diantisipasi secara serius. Salah satunya apabila sampah menumpuk, otomatis akan menimbulkan bau busuk dan tentu saja akan menimbulkan penyakit.

Penanganan sampah bisa dimulai dari diri sendiri yakni dengan melakukan 3 R (Reduce, Reuse, Recycle). ”Apabila pejabat tidak masuk kerja dalam waktu berminggu-minggu tidak akan dicari bawahannya. Tapi bila petugas kebersihan tidak masuk dua hari pasti akan dicari masyarakat karena sampah semakin menumpuk akibat tidak ada yang membawa,” ungkap Gilarsi.

Sementar itu, Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial menegaskan, setelah tanggal 21 Februari pun ditetapkan sebagai Hari Sampah Nasional (HSN). Berbagai elemen masyarakat mulai bergerak untuk memberikan edukasi dan menyadarkan masyarakat utnuk peduli sampah. Seperti apa yang dilakukan PT Pos Indonesia ini tentu saja bisa menjadi contoh bagi perusahaan lain. Hal ini dapat memberikan contoh agar masyarakat bisa mencerminkan prilaku hidup bersih.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan