Kapasitas Runway Nusawiru Akan Diperluas

bandungekspres.co.id– Untuk mendongkrak sektor Pariwisata dan sarana transportasi hasil produksi ikan laut di Kabupaten Pangandaran, pada 2017 nanti, Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) berencana akan melakukan perluasan Bandar Udara Nusawiru. Targetnya, bandara ini bisa disinggahi pesawat menengah sekelas Airbus 320.

Bandar Udara Nusawiru
BANGKITKAN EKONOMI: Untuk meningkatkan kunjungan
wisatawan, Runway Bandara Nusawiru Pangandaran akan diperluas

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan, perluasan akan dilakukan baik pada Runway ataupun Bandaranya. Sehingga, ada peningkatan kapasitas.

”Ini dilakukan untuk mendorong Kabupaten Pangandaran sebagai daerah yang memiliki potensi wisata yang tinggi dan banyak dikunjungi wisatawan,” jelas Heryawan ketika ditemui di Gedung Sate, belum lama ini.

Dirinya menuturkan, saat ini panjang Runway atau landas pacu Bandara Nusawiru sepanjang1.400 meter. Dari jumlah tersebut perlu dilakukan perluasan dan Pemprov Jabar telah melakukan pembebasan lahan untuk Runway sebesar 800 meter.

”Nanti jika Runway-nya sudah sepanjang 2.200 meter, berarti sama dengan Bandara Husein Sastranegara, Bandung,” ucap Aher –sapaan akrabnya.

Untuk itu pada 2016 nanti, pihaknya tengah menyiapkan Detail Enginering Design (DED) untuk proyek perpanjangan Runway menjadi 2.200 meter, dan pada 2017 sudah bisa dilakukan pembangunan konstruksi pada Runway tersebut.

Heryawan menambahkan, pada Runway sekarang memiliki kapasitas terbatas sebab hanya bisa didarati pesawat kecil seperti CN-235, NC-212, dan pesawat caravan.

Namun demikian, Bandara Nusawiru ini masih memiliki arti penting bagi operasional pesawat komersial terutama angkutan maritim dan siswa sekolah pilot.

Lebih lanjut dia mengatakan, tujuan diperpanjangnya Runway ini karena Pangandaran makin banyak dikunjungi wisatawan. Sehingga dengan kapasitas Runway lebih baik diharapkan akan memudahkan kunjungan wisatawan ke tempat ini.

”Sekarang ini orang banyak tertarik wisata Jawa Barat, tapi dari Jakarta ke Pangandaran jauh sekali kalau pakai ke darat. Cimaja semua orang tahu bagusnya, tapi ya akses jauh juga. Kami ingin bisa perbaiki semua akses ini ke depan,” pungkas dia. (yan/asp)

Tinggalkan Balasan