Raih Penghargaan Anugerah Desa Membangun Indonesia

bandungekspres.co.id– Berkat perhatian serta dedikasinya terhadap pemberdayaan desa, Bupati Bandung Barat H Abubakar menerima Anugerah Desa Membangun Indonesia sebagai Pembina Kabupaten Terbaik Dua.

Kategori Peningkatan Kapasitas Masyarakat Desa yang diserahkan langsung Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Marwan Djaffar pada Rapat Koordinasi Nasional Kebijakan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa di Ocean Ecovention Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, kemarin (2/12).

Anugerah tersebut diberikan kepada 24 orang dari seluruh Indonesia mulai level gubernur, bupati/wali kota hingga kepala desa. Selain Gubernur Jawa Barat, bupati Abubakar menjadi satu-satunya penerima anugerah yang berasal dari Jawa Barat.

Dalam UU No 6 Tahun 2014 tentang desa, salah satu hal yang paling banyak mendapat sorotan adalah tentang dana desa. Pasalnya, penyalurannya kerap menimbulkan masalah. Menurut Marwan Djaffar, kendala yang timbul berasal dari ketidaksiapan seluruh stakeholder yang terlibat di dalamnya.

”Saya mengajak seluruh pihak terkait untuk mengkaji secara serius UU Desa. Apakah diperlukan revisi atau tidak, termasuk peraturan pemerintah yang mengaturnya. Sebab, ingin lebih mengoptimalkan sangat diperlukan adanya revisi,” ujarnya.

Meskipun demikian, Marwan sangat mengapresiasi para kepala daerah yang telah menggelontorkan APBD-nya ke desa sebagai bentuk komitmen bersama dalam membangun dan memberdayakan desa.

”Kami telah berkomitmen untuk mempercepat dan memperpendek birokrasi dalam penyaluran dana desa, termasuk dalam pelaporannya dengan lebih memberdayakan teknologi,” terangnya.

Dalam mempercepat pembangunan dan menggerakkan desa, pada tahun ini pemerintah telah menyalurkan dana desa sebesar Rp 20,7 triliun atau sekitar Rp 300 – 400 juta setiap desa. Sedangkan untuk 2016 pemerintah menambah alokasinya hingga Rp 47 triliun atau sekitar Rp 700 juta setiap desa. Jumlah tersebut bisa mencapai angka Rp1 miliar per desa jika diakumulasikan dengan bantuan dan program lainnya.

Sementara itu, Bupati Bandung Barat H Abubakar ditemui setelah menerima anugerah tersebut menegaskan, tidak sedikit anggaran pemda yang digelontorkan langsung ke desa dengan tujuan untuk lebih meningkatkan pembangunan dan pemberdayaan desa.

”Pembangunan infrastruktur maupun pembangunan manusia dimulai dari desa. Oleh karena itu sangat tepat jika prioritas anggaran pemerintah difokuskan ke desa,” tegasnya. (drx/rie)

Tinggalkan Balasan