oleh

Perhatian Pada Pangumbara

Heryawan: Kalau Sudah Kaya, Boleh Pulang

bandungekspres.co.id– Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan merasa perlu untuk memberikan perhatian kepada masyarakat Jabar yang ngumbara. Hal ini dinilai perlu karena banyaknya warga yang tinggal di luar Jawa Barat.

Ahmad Heryawan mengaku, saat ini banyak sekali masyarakat Sunda yang berada di luar pulau Jawa. Bahkan mereka telah menetap di daerah tersebut.

”Mereka menjadi pangumbara memilih karena berbagai alasan. Ada yang bekerja, atau melalui program transmigrasi,” jelas Heryawan ketika ditemui dalam acara tepang sono masyarakat pangumbara di Bengkulu kemarin (29/11).

Baca Juga:  3000 Pelaku Usaha Buparekraf di Kota Bandung Terima Vaksinasi Covid-19

Makanya, menjadi kewajiban bila Pemprov Jabar memberikan perhatian tersebut. Sebab keberadaan masyarakat etnis Sunda di provinsi lain harus bisa memberikan prestasi untuk daerah yang ditinggalinya.

Untuk mendukung masyarakat pangumbara, kata dia, pihaknya telah merancang program bagi masyarakat Jawa Barat yang ingin mencari kehidupan di provisi lain, khususnya provinsi yang jumlah penduduknya masih kecil.

Beberapa program yang telah berjalan sejak lama di antaranya program transmigrasi yang akan dikembangkan bersama antar kepala daerah tempat masyarakat daerah itu tinggal.

Baca Juga:  Stok Darah di PMI Kota Bandung Kosong, Tapi Permintaan Darah Masih Bisa Terpenuhi

Selain itu, untuk menarik minat program ini, masyarakat Jabar sebelumnya harus memiliki keahlian dan keterampilan agar mereka bisa bertahan hidup di daerah yang ditinggalinya.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga