Bis untuk Tamu Sudah Dilapisi Anti Peluru

Melihat Lebih Dekat Kawasan PT Freeport Indonesia (1)

PT Freeport Indonesia (PTFI) saat ini tengah menjadi sorotan media akibat dugaan salah satu oknum petinggi DPR RI meminta jatah saham dari PTFI sebesar 46 persen. Isu yang mulai didengungkan oleh Menteri ESDM, Soedirman Said kian mengejutkan ketika transkip pembicaraan antara SN dan Presdir PTFI, Maroef Syamsoedin mulai beredar di media sosial.

Misba Latuapo, Mimika.

BERBICARA mengenai Freeport, sebagian besar pasti akan bertanya, seperti apa area perusahaan tambang berbendera Amerika tersebut? Ya, PT Freeport Indonesia berada di Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua. Aktivitas penambangan Freeport berada di ketinggial 4200 permukaan laut dengan kawasan produksi berada di area terbuka (Grasberg) dan tambang bawah tanah (Underground).

Ke Grasberg ada dua jalur yang bisa dilalui, yakni menggunakan jalan darat yang cukup berliku dan melalui tramp di mile 74. Saat ini sebagian besar aktivitas penambangan masih berpusat di area Grasberg. Total karyawan Freeport Indonesia mencapai 30.004 orang dengan komposisi 21.462 orang atau 72 persen non Papua, 7.772 orang atau 26 persen asli Papua, serta 770 orang atau dua persen tenaga asing.

Sebagian besar karyawan PT Freeport Indonesia mendiami kawasan Tembagapura (kawasan pegunungan) tepatnya di mile 66 dan Kota Kuala Kencana (Dataran rendah) atau sering disebut Kota di Dalam Hutan. Sedangkan, keluarga karyawan non staf tinggal di Kota Timika. Para pekerja hanya menempati mes-mes yang disediakan Freeport di Mile 72.

Kawasan Tembagapura berjarak 110 kilometer dari dataran rendah Kota Timika. Sedangkan, Kota Kuala Kencana berjarak sekitar 18 kilometer dari Kota Timika. Di jalan tambang Freeport menuju Tembagapura, ada satu terowongan di mile 58. Terowongan dengan jarak 1.050 meter itu diberi nama Trowongan Hanake. Sementara untuk menuju area Grasberg, akan melintasi trowongan dengan jarak 950 meter.

Terowongan dikenal dengan nama Trowongan Zakam. Suhu dingin di kawasan Tembagapura sendiri berkisar antara 21-22 derajat. Sedangkan di Grasberg, ketika bulan Januari tiba bisa -0 derajat. Terkadang di bulan-bulan tertentu salju juga turun di Grasberg. Tapi rata-rata suhu di kawasan yang dekat dengan pibcak cartenz itu sekitar 15 derajat.

Tinggalkan Balasan