Dorong Masyarakat Cinta Produk Lokal

[tie_list type=”minus”]Jabex’15 Menyambut MEA[/tie_list]

BANDUNG – Sebanyak 95 peserta pengusaha produk unggulan dari Provinsi Jawa Barat kembali diperkenalkan di pameran Jawa Barat Expo 2015 (Jabex’15) di Gedung Graha Manggala Siliwangi.

Pameran ke-15 yang dimulai 9 – 13 September dipersiapkan untuk menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Makanya, tak salah jika pameran yang digelar oleh Debindo sejak medio 2000 tersebut selalu menampilkan produk-produk unggulan Jawa Barat.

Branch Manager Debindo Heri Gunawan mengatakan, meski mengalami penurunan jumlah peserta, tapi tidak menghalangi peserta untuk menampilkan produk unggulan di daerahnya.

”Pameran Jabex’15 diikuti 12 daerah Jawa Barat, tiga SKPD dari Semarang, Karang Asem Bali dan Badan Penghubung Provinsi Riau. Kemudian, Binaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), UKM mandiri di Jawa Barat dan swasta mandiri menampilkan produk unggulannya,” papar Heri kemarin.

Dia berharap, pengunjung juga bisa lebih mengetahui dan mulai tergugah untuk menggunakan produk lokal. Hal ini dilakukan agar masyarakat dan pengusaha lokal tidak tersisih pada MEA mendatang.

Demikian halnya dengan target. Heri menegaskan, Jabex’15 tahun ini ditargetkan dapat meraup transaksi hingga Rp 10 miliar. Nilai itu, kata dia masih realistis karena berharap adanya imbas positif dari investor. ”Bisa terealisasi jika mereka dapat melakukan transaksi di ajang ini,” ungkapnya.

Di bagian lain, kegiatan Jabex’15 dimeriahkan dengan talk show, fashion, kreasi seni dan budaya juga lomba tari jaipong di setiap harinya. Ini dilakukan sebagai edukasi bagi pengunjung dan upaya menghibur pengunjung

Salah satu stan pameran dari Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyajikan komoditi unggulan berupa beraneka ragam Holtikultura. Di antaranya disusun rapi dan menarik didalam stan berupa rangkaian bunga krisan, mawar dan gerbera. Aneka macam bunga hias beraneka warna lainnya mengisi ruang pamer menunjukkan bahwa wilayah KBB penghasil komoditi tanaman hias yang unggul.

Masih dalam rangkaian bunga sebagai penghias, terdapat aneka sayur-mayur yang dibungkus rapi seperti kubis bunga, jamur tiram, jahe, brokoli, tomat, cabai merah, kentang, bayam Jepang, paprika, jeruk dan pisang tertata unik.

Tinggalkan Balasan