Sosialisasi Sembelih Sesuai Syariat

BANDUNG KULON – Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat akan menggelar sosialisasi cara penyembelihan hewan kurban kepada para tukang potong yang ada di kabupaten/kota. Hal ini dilakukan agar penyembelihan hewan kurban sesuai syariat Islam.

’’Sosialisasi tata cara pemotongan hewan kurban sangat penting, tentunya harus dibekali materi dan tata cara yang baik dan benar,” kata Kepala Sub Bagian Humas Kanwil Kementerian Agama Jawa Barat Drs. H. Abdurrohim M.Ag, kemarin (7/9).

Abdurrohim menuturkan, pihaknya sering mendengar di lapangan masih ditemukan pemotongan hewan kurban yang belum sesuai dengan syariat. Dirinya memberi contoh, sapi yang dipotong, ternyata masih hidup, kemudian dipotong lagi. ’’Ini kan suatu perbuatan yang keliru, karena seharusnya, sekali potong sapi langsung mati,” tukas Abdurrohim.

Selain itu, cara-cara menumbangkan sapi tidak terkesan menyiksa. Sejauh ini, ada yang menggunakan tenaga empat sampai lima orang yang menumbangkan sapi. ” Seharusnya, dengan tenaga dua orang pun cukup untuk menumbangkan sapi,” tambahnya.

Dalam sosialisasi ini, Kemenag Jabar akan menggandeng Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat beserta instansi terkait lainnya. ”Rencananya sosialisasi ini akan digelar H-5 menjelang Idul Adha 2015,” tandas Abdurrohim. (gmn/vil)

Tinggalkan Balasan