Alfamart Salurkan Bantuan melalui Donasi-Ku

APAKAH anda mengetahui ke mana uang receh yang disumbangkan melalui minimarket? PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (SAT), pengelola minimarket Alfamart Alfamidi mempublikasikan laporan penggunaan donasi konsumen secara berkala dan transparan sebagai tanggung jawab etika kepada publik.

alfamart
ISTIMEWA

TERIMA BANTUAN: Sejumlah warga Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat berfoto bersama usai menerima secara simbolis bantuan paket sembako hasil donasi konsumen Alfamart, yang diserahkan langsung oleh Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa didampingi Corporate Affairs Director Alfamart Solihin, serta Penasehat Yayasan BM Cinta Indonesia Kemal Al Munawar.

Sebagai perusahaan ritel yang memiliki jaringan luas, SAT berinisiatif menjalankan aksi kemanusiaan dengan melibatkan partisipasi konsumen selain program CSR yang dijalankan menggunakan dana perusahaan.

Corporate Affairs Director Alfamart Solihin mengatakan, dengan partisipasi yang lebih luas, akan lebih banyak masyarakat prasejahtera yang menerima manfaatnya. ”Partisipasi masyarakat dalam aksi kemanusiaan yang dijalankan Alfamart dapat disalurkan melalui Donasi-Ku Belanja dengan mendonasikan sebagian uang kembaliannya, masyarakat juga dapat berpartisipasi langsung melalui Donasi-Ku Bebas tanpa perlu berbelanja terlebih dahulu,” papar Solihin dalam siaran pers yang diterima Bandung Ekspres kemarin (30/7).

Pakar CSR, Kotler and Lee (2005) mengemukakan, bahwa partisipasi konsumen termasuk dalam kategori Corporate Cause Promotions (CCP). Melalui CCP, SAT mengajak masyarakat luas untuk berpartisipasi dalam aksi kemanusiaan yang bertujuan membantu masyarakat luas di berbagai sektor mulai dari pendidikan, kesehatan, bencana alam, lingkungan hidup, sampai pemberdayaan usaha kecil.

Pada awal 2015, perusahaan melanjutkan kerja samanya dengan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) untuk membangun 3 Rumah Singgah bagi anak penderita kanker di Indonesia, hasil donasi konsumen periode 1-31 Januari 2015 Rp 2.396.592.401.

Rumah Singgah berguna untuk membantu anak-anak kurang mampu yang sedang menjalani proses pengobatan kanker. Rumah Singgah ini didirikan dekat dengan Rumah Sakit yang memiliki fasilitas pengobatan dan dokter spesialis kanker pada anak.

Selanjutnya SAT bersama Yayasan Berani Bhakti Bangsa (YBBB), kembali menginisiasi Program Bright Eyes, Bright Future, guna membagikan kacamata gratis untuk anak Indonesia yang memiliki gangguan penglihatan jarak dekat. Pada periode 1 Februari hingga 30 April 2015, SAT berhasil mengumpulkan sejumlah Rp 6.949.230.470.

Tinggalkan Balasan