Mari Becermin dari Yunani

Hari ini para pimpinan Eropa baru rapat untuk memutuskannya. Sebelum ada keputusan, bank-bank di Yunani yang semula hanya tutup untuk satu minggu belum bisa dibuka lagi. Entah sampai kapan.

Menteri keuangan Yunani mengundurkan diri. Diganti dengan Euclid Tsakalotos. Menteri baru ini sealiran dengan Perdana Menteri Alexis Tsipras. Bahkan, para pengamat menilai dialah sebenarnya otaknya. Menkeu yang baru ini memang ahli ekonomi yang beraliran kiri. Istrinya, wanita Inggris, juga seorang ahli ekonomi.

Ketika jadi mahasiswa di Oxford Inggris dulu, Euclid Tsakalotos bergabung dengan Liga Mahasiswa Komunis. Buku-buku ekonomi yang dia tulis pun mencerminkan aliran pemikirannya yang bertolak belakang dengan aliran ekonomi tokoh berpengalaman seperti Margareth Thatcher dan Ronald Reagan.

Dari judul buku-buku yang dia tulis, seperti Strategi Ekonomi Alternatif dan Kebijakan Economi Progressif atau empat buku lainnya, sudah tecermin aliran ekonomi yang posisinya berseberangan dengan yang dilakukan di negara-negara barat.

Seandainya tetap dihukum Eropa (kita tunggu putusan Uni Eropa hari ini), bahkan seandainya Yunani keluar dari Uni Eropa, Yunani mungkin berharap bisa bersandar ke Tiongkok. Tapi, Tiongkok mungkin tidak akan mau melemahkan Eropa. Tiongkok berkepentingan Eropa kuat. Untuk menjadi penyeimbang Amerika Serikat.

Mungkin Yunani akan bersandar ke Rusia. Tapi, Rusia pernah habis-habisan menolong Yunani belum lama ini. Gagal.

Kini kita lagi melihat eksperimen dari sebuah negara Barat yang ingin menerapkan sebuah teori ekonomi yang sangat berbeda. Dengan nasib rakyat menjadi taruhannya. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan