Optimis KBB Juara ISC

[tie_list type=”minus”] Kadisdik Bagi Tiga Zona Pramuka[/tie_list]

NGAMPRAH – Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) optimistis mampu keluar sebagai juara dalam gelaran Indonesia Scout Challenge (ISC) West Java 2015-2016 yang akan dilaunching pada 14 Agustus mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga KBB Agustina Piryanti meyakini, siswa-siswi di KBB memiliki kemampuan yang luar biasa di bidang pendidikan seperti halnya Pramuka. Menurutnya, para peserta perwakilan Bandung Barat yang akan ikut dalam kegiatan ISC West Java 2015-2016 tersebut mampu keluar sebagai juara. ”Kita optimistis akan menjadi juara. Karena sebelumnya juga kami pernah mendapatkan juara di bidang Pramuka,” ungkapnya kepada wartawan saat ditemui di ruang kerjanya kemarin (2/6).

Lebih jauh Agustin menjelaskan, wilayah Bandung Barat yang memiliki 16 kecamatan dengan ribuan siswa memiliki potensi dan kesempatan besar untuk mengalahkan peserta lainnya. ”Bisa saja nanti kita bagi pada tiga titik seperti untuk utara meliputi Lembang, Parongpong dan Cisarua,” katanya.

Titik lainnya, meliputi wilayah selatan seperti dari sekolah di Gununghalu, Cililin, Sindangkerta dan Cihampeulas. Titik ketiga, meliputi siswa di daerah Padalarang, Cipatat, Cikalong Wetan dan Cipendeuy. ”Dari tiga titik tersebut kita akan terus memberikan pelatihan dari sekarang untuk persiapan dalam kegiatan yang akan dilombakan,” bebernya.

Sementara itu, Penanggung jawab ISC West Java 2015-2016 wilayah Jawa Barat Rahmad Kartolo menyatakan, saat ini pihaknya melakukan sosialisasi dan koordinasi di berbagai wilayah, salah satunya Pemkab Bandung Barat. ”Kita lakukan sosialisasi bersama jajaran pemda termasuk bupati dan Kadisdik di Bandung Barat agar ada persiapan dari jauh-jauh hari sebelum dimulai perlombaannya,” ujarnya.

Menurut Rahmad, pelaksanaan kegiatan ini akan dilakukan pada bulan Oktober mendatang. Para peserta yang ikut masih memiliki waktu untuk berlatih dalam kegiatan Pramuka yang akan dilombakan. ”Kegiatan ini akan menggali kemampuan Pramuka siswa kelas 4 atau 5 di tingkat SD. Bisa saja perwakilan juara di Jawa Barat muncul dari Kabupaten Bandung Barat. Makanya harus dipersiapkan semaksimal mungkin,” pungkasnya.

Untuk diketahui, ISC West Java 2015-2016 merupakan program Kwarnas Pramuka dengan Jawa Pos Group, Kwarda Jawa Barat dengan Jawa Pos Group Wilayah Jawa Barat. Dilanjutkan dengan kesepahaman Kemendikbud dengan Jawa Pos Group. Di Bandung Raya, kerja sama itu ditindaklanjuti Harian Umum Bandung Ekspres dengan setiap kwarcab. (drx/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan