Infrastruktur Jadi Prioritas

[tie_list type=”minus”]Bakal Perbanyak Tanggul dan Jalan Mulus[/tie_list]

ARJASARI – Kepala Desa Lebakwangi, Kecamatan Arjasari Ade Triana, berencana akan membangun banyak tanggul untuk memajukan daerahnya yang memang mayoritas penduduknya merupakan petani. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya menggenjot kinerja para petani, sehingga menghasilkan tanaman yang lebih baik lagi.

Dari setiap anggaran yang digulirkan dari pemerintah daerah baik kabupaten ataupun provinsi, Ade mengaku selalu mengutamakan pembangunan jalan dan tanggul. ’’Infrastruktur seperti jalan dan tanggul kan merupakan akses yang sangat penting bagi masyarakat,’’ ujarnya kepada Soreang Ekspres (Grup Bandung Ekspres), ketika ditemui di kantornya belum lama ini.

Ade sendiri mengedepankan sistem transparansi anggaran dalam menjalankan pemerintahannya. Menurutnya, pihaknya memberikan suntikan dana kepada RW yang sedang membutuhkan pembanginan saat mendapatkan dana dari daerah atau pusat. ’’Biasanya setiap RW diundang dan uangnya langsung dibagikan. Hanya saja, saya selalu menekankan mengenai pembayaran pajaknya, sementara tugas saya hanya memonitor saja,’’ kata dia.

Selama ini dana yang digunakan untuk pembangunan jalan dan tanggul sendiri bersumber dari dana P4, ADD, dan Bantuan Gubernur. Target pembangunan pada 2015 ini, kata dia, tinggal perbaikan jalan di wilayah RW 7 dan juga pembangunan tanggul di wilayah RW 6. Saat ini, tanggul yang sudah dibangun ada empat buah dan menurut Ade akan terus ditingkatkan tiap tahunnya. ’’Kalau tanggul memang sangat penting. Kebanyakan masyarakat kan petani, kalau tidak ada tanggul masa sawah mereka dibiarkan kekeringan? Kan tidak lucu,’’ ujar dia.

Sejak 2006, pembangunan di wilayah tersebut terus digenjot karena tidak mau ada anggapan bahwa daerahnya sebagai daerah terbelakang. Nanti setelah pembangunan tanggul selesai, target selanjutnya adalah membangun kantor BPD. ’’Soalnya tahun depan kan pembangunan di masyarakat selesai, jadi tinggal memperbaiki sedikit-sedikit,’’ terangnya.

Untuk pembangunan tanggul di RW 6 sendiri, ditargetkan akan dimulai minggu depan karena masih menunggu ahlinya. ’’Pembangunan tanggul yang di RW 6 itu kita targetkan mulai minggu depan, tapi kalau selesainya ya tergantung dana dan bahannya saja,’’ tambah dia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan