Dede Kritik Pelayanan RSUD

‪Nasib yang dialami Ina, diakui Direktur Utama (Dirut) RSUD Soreang, Dr. H. Iping Suripto. Dia beralasan, daya tampung RSUD saat ini sudah tak mencukupi. Setiap harinya bisa 300-500 orang yang membutuhkan perawatan. Tingginya angka itu, kata Iping, tak sepadan dengan korelasi daya tampung yang hanya sebesar 220 tempat tidur.

’’Kondisi RSUD Soreang sampai saat ini suka kelebihan kapasitas. Pasien sering tidak nyaman dan antreannya cukup lama. Itu kenyataannya di sini tidak kami tutupi,’’ kata Iping.

Untuk menanggulangi kelebihan kapasitas, lanjut Iping, rencananya RSUD Soreang akan dipindahkan ke lahan baru. Saat ini Pemkab Bandung sudah menyediakan lahan seluas 4,3 hektar yang berada di Jalan Gading Tutuka, Desa Cingcin, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung.‪ Pada tahun ini, tahap pembangunan sudah memasuki detail engineering design (DED) serta pematangan lahan baru.

Nantinya, di lokasi baru bisa menampung pasien hingga 450- 500 orang. Anggaran keseluruhan yang dibutuhkan untuk pembangunan mencapai Rp 450 miliar.‪

’’Kalau sekarang anggarannya masih di APBD Kabupaten Bandung, kami dapat Rp 8,7 miliar untuk tahap pembangunan di tahun ini. Masalahnya itu kami butuh bantuan anggaran lagi dari provinsi dan pusat untuk mewujudkan pembangunannya,’’ ungkapnya sambil menambahkan, proses pembangunan bisa berjalan pada 2016 mendatang. (mg15/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan