oleh

Jalan The Blues Makin Lebar

Chelsea 1 v Man City 1

LONDON – Dalam lima musim terakhir, tim yang menjadi pemuncak klasemen sampai pekan ke-23 Premier League akan melaju menjadi juara. Fakta itulah yang membuat hampir semua petaruh menjagokan The Blues menjadi kampiun musim ini.

Chelsea v Man City
BEREBUT BOLA: Pemain Chelsea dikawal ketat pemain manchester City pada pertandingan pekan ke 23 Premier League yang berlangsung di Stamford Bridge, kemarin (1/2) malam.

Chelsea semakin mantap di puncak klasemen sementara Premier League paska bermain imbang 1-1 melawan pesaing terberatnya Manchester City di Stamford Bridge semalam. Hasil tersebut membuat kompsosi klasemen tidak berubah. Chelsea berada di puncak, masih unggul ima poin atas City yang menjadi runner-up.

Chelsea yang tidak diperkuat dua pemain terpentingnya musim ini, striker Diego Costa dan gelandang Cesc Fabregas unggul lebih dulu melalui gol Loic Remy pada menit ke-42. Striker asal Prancis tersebut menceploskan bola meneruskan umpan tarik cantik Eden Hazard.

Namun, keunggulan Chelsea tidak berlangsung lama. Tiga menit kemudian, The Sky Blues berhasil menyamakan kedudukan melalui gelandang David Silva.

Kelahiran gol tersebut sangat baik. Umpan tarik Jesus Navas tidak mampu diantisipasi oleh kiper Chelsea Thibaut Courtois. Bola itu jatuh di kaki Sergio Aguero yang lantas melakukan tendangan voli mendatar. Silva kemudian meneruskan bola tersebut masuk ke gawang.

Pada babak kedua, pertandingan berlangsung membosankan. Manajer Chelsea Jose Mourinho yang merasa hasil imbang sudah cukup kembali melakukan taktik klasik pragmatisnya, parkir bus.

Saat, Remy diganti oleh Gary Cahill tiga menit sebelum pertandingan usai, muncul suara-suara ketidakpuasan ’Boring, boring Chelsea,’ di Stamford Bridge.

Total, Chelsea hanya melakukan tiga tendangan. Jumlah yang sangat sedikit. Itu adalah rekor tendangan terminim Chelsea dalam satu pertandingan sejak musim 2003-2004. Usai Remy mencetak gol, Chelsea sudah tidak pernah lagi melakukan percobaan tendangan ke gawang.

City sendiri mendominasi pertandingan dengan penguasaan bola mencapai 57 persen. Vincent Kompany dkk mencatat 10 tendangan, namun hanya satu yang menghasilkan gol.

Manajer Chelsea, Manuel Pellegrini menolak berkomentar soal taktik yang diterapkan Mourinho. Pelatih berjuluk El Ingeniero tersebut hanya menyesal karena timnya tidak mencetak gol kedua usai Silva membobol gawang Courtois.

”Tidak mudah untuk datang ke sini melawan pemuncak klasemen Premier League. Kami mencatat banyak peluang bagus. Itulah yang membuat saya tidak gembira dengan hasil ini. Tetapi, saya bahagia dengan penampilan tim,” ucap Pellegrini sebagaimana dilansir BBC. ”Sejak menit pertama, kami adalah tim yang memburu tiga poin,” imbuh pelatih asal Cile itu menyindir taktik bertahan Chelsea.

 Walau tertinggal lima poin, namun Pellegrini masih optimistis City memiliki peluang juara. Masih ada 15 pekan tersisa dengan 45 maksimal yang tersedia. Jadi apapun bisa terjadi.

”Selalu penting untuk memperpendek jarak. Kami mencoba hari ini, namun kami tidak berhasil. Tetapi, tertinggal lima poin bukan hasil akhir,” papar Pellegrini.

Salah satu momen penting dalam laga ini adalah kembalinya legenda Chelsea Frank Lampard. Gelandang 36 tahun tersebut adalah pencetak gol terbanyak dalam sejarah Chelsea, 211 gol dalam 649 pertandingan.

Lampard masuk pada menit ke-77 untuk menggantikan Fernando. Namun pemain yang 13 tahun membela Chelsea itu gagal mencetak gol sebagaimana yang dia lakukan pada leg pertama di Etihad.

Jose Mourinho sendiri tidak mau berkomentar apapun. Mantan pelatih Real Madrid dan Inter Milan tersebut tidak menghadiri sesi konferensi pers. Mourinho marah karena Federasi Sepak Bola Inggris (FA) mendendanya sebesar 25 ribu pounds (Rp 480 juta). Pelatih 52 tahun itu juga ngambek karena Diego Costa diskorsing tiga pertandingan karena menginjak bek Liverpool Emre Can dalam leg kedua semifinal Piala Liga Inggris (27/1).

”Remy melakukan kerja yang bagus. Dia mencetak sebuah gol. Itulah yang diinginkan pelatih dari dia,” ucap gelandang bertahan Nemanja Matic kepada Chelsea TV.

     ”Dia memberikan kami kepercayaan diri pada pertandingan selanjutnya. Saya sangat bersemangat. Sekarang, orang melihat dia adalah pemain yang bagus dan akan sangat penting bagi kami,” imbuhnya. (nur/asp)

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga