Senja yang Muram untuk Valentino Rossi dan MotoGP

Namun dengan pandemi corona, kelangsungan musim MotoGP 2020 berada dalam ancaman. Sejauh ini sudah ada delapan seri yang ditunda, diubah jadwal dan dibatalkan demi pembatasan penyebaran virus corona.
Saat ini MotoGP sudah harus menunda gelaran balapan hingga awal Juni, tepatnya hingga MotoGP Catalunya. Jadwal lain yang dalam pantauan adalah MotoGP Jerman yang berlangsung pada 21 Juni.

Melihat dampak global akibat pandemi Corona, Dorna dan MotoGP harus mempertimbangkan banyak hal sebelum mengambil keputusan menentukan start awal MotoGP 2020.

Situasi krisis akibat pandemi corona ini adalah situasi yang belum pernah dihadapi oleh mayoritas orang-orang yang hidup di era saat ini. Situasi ini berbeda dengan situasi bencana alam yang bisa diprediski waktu pemulihan dan segalanya hingga situasi kembali berjalan normal.

Ajang-ajang yang dijadwalkan berlangsung pada paruh akhir tahun 2020 sendiri sudah lebih dulu merevisi jadwal seperti Piala Eropa 2020 dan Olimpiade 2020.
Ada beberapa tahap yang harus ditunggu untuk dilewati sebelum MotoGP bisa digelar kembali. Pertama tentu memastikan pandemi corona berakhir. Grafik korban yang menurun hingga angka kasus baru yang mencapai nol adalah salah satu indikasi bagus untuk hal itu.
Namun setelah itu, tiap ajang olahraga juga harus bersiap menghadapi tindakan pengawasan yang masih berlaku seperti larangan masuk-keluar ke sebuah negara yang bakal tetap ketat sebagai antisipasi setelah pandemi corona ini berlalu.

Karena itu MotoGP masih harus menunggu izin dari pihak-pihak berwenang. Dorna bahkan sudah bersedia untuk menyelenggarakan balapan yang tidak ideal seperti biasa, yaitu tanpa penonton. Selain itu, Dorna juga sudah mengikhlaskan bahwa balapan musim ini bahkan bisa tetap sah jika hanya berlangsung selama 10 seri. Hal itu lebih rendah dari syarat minimal 13 seri dalam satu musim.
Semua langkah itu bakal dilakukan demi menyelamatkan MotoGP 2020 sekaligus menggerakan roda ekonomi tiap tim.

Sikap Rossi juga patut dinanti. MotoGP 2020 masih mungkin berlangsung namun sudah pasti tidak bakal ideal seperti musim yang normal.

Momen Rossi mengambil keputusan tentang kariernya pun tak bakal sakral seperti seharusnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan