Sempat PDP, Pelatih Bulu Tangkis Putra Negatif

JAKARTA – Hasil tes swab kepala pelatih tunggal putra Indonsia, Hendry Saputra Ho akhirnya dirilis. Hendry dinyatakan negatif dari virus korona usai menjalani isolasi mandiri.

Sebelumnya, pria yang akrab disapa Koh Hendry menemani anak asuhnya mengikuti turnamen All England Open 2020 di Birmingham, Inggris pertengahan Maret 2020 lalu. Sejak kepulangannya dari Tanah Britania, pelatih Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting itu dikonfirmasi berstatus Pasien Dalam pengawasan (PDP) Covid-19.

Beruntung, PBSI langsung bergerak cepat melakukan isolasi mandiri. Tim medis melakukan dua tes terhadap Hendry. Tes pertama adalah rapid test yang hasilnya negatif, disusul dengan hasil swab test yang lebih akurat. Hasil swab test yang keluar kemarin juga menyatakan Hendry negatif Covid-19. ”Kami sudah dapat kabar kalau hasil swab test coach Hendry negatif dan hari ini sudah boleh pulang ke rumah,” ujar Sekretaris Jenderal PBSI, Achmad Budiharto, Rabu (1/4).

Tentunya hasil ini disambut baik oleh PBSI, apalagi sebelumnya mereka juga telah memastikan bahwa seluruh atlet serta pelatih yang ada di lingkungan Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur, dinyatakan negatif Covid-19.

”Ini adalah kabar baik, menyusul hasil test atlet-atlet di Pelatnas Cipayung yang juga negatif. Mudah-mudahan kita semua selalu dalam keadaan sehat dan bisa melewati wabah Covid-19 ini,” lanjutnya. Lebih lanjut, Budiharto mengaku akan langsung kembali ke rumah mengingat saat ini pelatnas PBSI sedang masa libur hingga 12 April mendatang. “Hendry akan kembali ke rumah dan belum beraktivitas di Pelatnas Cipayung karena pelatnas masih diliburkan mengingat saat ini Covid-19 masih mewabah,” tandasnya.

Sementara itu, anak asuh Hendry, Jonantan Christie mengaku bahwa dirinya sejak awal optimistis bahwa sang pelatih tidak terjangkit virus yang berawal dari Wuhan, Cina tersebut. ”Sejak awal saya berpikiran positif kalau koh Hendry nggak kena virus Corona. Saya merasa kalau koh Hendry hanya kecapekan sepulangnya dari Eropa yang perjalanannya jauh. Saya juga yakin daya tahan tubuhnya kuat. Saya berharap koh Hendry bisa cepat pulih dan kembali melatih seperti semula,” pungkasnya.(fin/rus)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan