Gerindra Bela Prabowo

JAKARTA – Partai Gerindra pun membela habis-habisan Prabowo Subianto soal Na­tuna. Meski, Menteri Perta­hanan (Menhan), tersebut terlihat ”lembek” terkait den­gan Natuna yang diklaim bukan milik Indonesia..

Wakil Ketua Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad meng­atakan pernyataan tegas dan keras tidak menunjukan bahwa menteri tersebut ba­ik dalam menjalankan tu­gasnya. ”Apakah mesti ucapan di media menunjukan ki­nerja. Kan enggak juga,” ujar Dasco di Gedung DPR, Ja­karta, Rabu (8/1).

Wakil Ketua DPR ini meng­atakan, ketua umumnya Pra­bowo Subianto sudah melaku­kan untuk menjaga kedaula­tan Indonesia. Hal ini dibuk­tikan dengan mengerahkan pasukan TNI untuk berjaga di perairan Natuna. ”Kan per­cuma kita ngomong keras-ke­ras, tapi enggak ada action,” tegasnya.

Oleh sebab itu pernyataan Prabowo Subianto tidak bisa diartikan Indonesia akan melepas Natuna dari wilayah NKRI. Prabowo tegas ingin menjaga kedaulatan Indone­sia. ”Jadi kalau dibilang lem­bek, saya pikir enggak juga,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Prabowo mengungkapkan akan mencari solusi terbaik dalam menghadapi Tiongkok dalam penyelesaian polemik klaim kepemilikan perairan Natuna.

”Kita cool saja, kita santai saja kok. Kita selesaikan den­gan baik ya, bagaimana pun Tiongkok negara sahabat,” ujar Prabowo.

Diketahui, Indonesia telah melayangkan nota protes kepada Tiongkok terkait ka­pal coast guard mereka me­masuki perairan Natuna, Kepulauan Riau. Kemente­rian Luar Negeri menyatakan telah memanggil Duta Besar Tiongkok Jakarta untuk me­nyampaikan protes tersebut.

Wakil Ketua Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan, ketua umumnya tidak bersikap lembek. Hal itu karena Pra­bowo melihat realita yang ada saat ini.

”Saya kira sebenarnya sikap­nya bukan lembek, tapi Pak Prabowo itu berusaha realis­tis dengan situasi yang ada,” ujar Fadli Zon di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (8/1).

Menurut Fadli, sikap realis­tis Prabowo karena Indonesia tidak memiliki kekuatan se­cara de facto untuk melindu­ngi Laut Natuna. ”Karena realitanya kita harus terus memperkuat kekuatan kita di sana (Natuna),” ungkapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan