Data Ulang WP Demi Genjot PAD

KARAWANG-Badan Pendapatan Daerah (Bap­enda) Kabupaten Kara­wang terus menggenjot pendapatan pajak daerah agar target pendapatan tercapai, di antaranya den­gan melakukan data ulang wajib pajak (WP).

“Untuk mencapai target kita sekarang sudah rapat, akan segera melakukan pendataan ulang WP yang belum terdaftar namun su­dah memungut pajak,” ujar Kepala Bidang Pajak Daer­ah dan Lainnya (PDL), Sa­hali saat dihubungi melalui telpon selularnya.

Sahali menjelaskan, hal itu dilakukan lantaran di­picu dari adanya temuan sejumlah WP, seperti restoran dan sejenisnya yang sudah memung­ut pajak, tetapi tidak masuk ke kas daerah.

“Contoh, dengan cara berkunjung layaknya kon­sumen ke sebuah restoran. Kita makan di sebuah restoran di wilayah Kara­wang, kita lihat di bill tagi­han sudah tercantum pa­jak, kemudian kita cek WP tersebut ternyata belum terdaftar. Otomatis pajak mereka belum bisa masuk kita. Seperti itu yang kita maksud akan di data ulang agar pajaknya bisa masuk,” jelasnya.

Dikatakan, realisasi pen­dataan akan secepatnya di­lakukan, kemas per wilayah dimulai dari yang paling banyak potensinya, sep­erti Kecamatan Telukjambe Timur dan wilayah Kara­wang kota.

Kendati pandemik Covid-19 belum usai dan mem­buat target pesimis terca­pai, namun Sahali berke­wajiban terus berusaha, maka berbagai inisiasi dan inovasi terus dilakukan sebagai upaya Pemerintah dalam memenuhi target.

“Kalau melihat kondisi saat ini Covid-19 masih belum selesai, kita pesi­mis bisa sampai target. Diprediksi pasca PSBB pendapatan akan naik sig­nifikan, tapi hasilnya jauh dari perkiraan, kendati demikian kita terus beru­paya, semoga keadaan bisa berubah membaik dan pendapatan bisa tercapai,” harapnya. (use/vry)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan