Bawaslu Jabar Siap Pantau Kampanye Hitam di Media Sosial

KARAWANG– Media sosial menjadi salah satu media kam­panye yang sangat vital pada pemilihan bupati Karawang kali ini yang digelar di tengah pandemi. Ribut para pendukung dan pendengung pasangan calon bakal dipantau oleh Bawaslu.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat, Abdullah Dahlan mengatakan, media sosial bakal berperan penting dalam pilkada untuk mengkampanyekan setiap pasangan calon kepala daerah di tengah pandemi Covid-19. Kanpanye hitam ditaksir bakal melonjak pada pilkada kali ini.

“Indikasi itu nyata. Pandemi yang belum berakhir membuat mereka (pasangan calon kepala daerah) bakal memaksimalkan seluruh sarana yang ada. Khususnya media sosial, ter­masuk melakukan kampanye hitam,” kata Abdullah di Bandung, Kamis (27/8).

Bawaslu Jabar, ujar Abdullah, akan terus mengawasi pergerakan para bakal pasangan calon kepala daerah yang maju di Pilkada 2020. Termasuk memantau akun medsos pasangan calon kepala daerah.

Bukan hanya akun medsos yang terdaftar di KPU, tetapi akun-akun yang diduga berkaitan erat kepentingan masing-masing pasangan calon kepala daerah

“Kami pantau terus, terutama isu yang berkaitan dengan SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan) yang beredar di medsos,” ujar Abdullah.

Abdullah mengimbau setiap pasangan calon kepala daerah menaati seluruh aturan dan menghindari kampanye hitam. Tujuannya agar Pilkada 2020 berjalan demokratis, bermarta­bat, dan berkualitas.

“Sehingga, pemimpin yang lahir nantinya benar-benar sesuai harapan masyarakat,” kata dia.

Sementara itu, Pilbup Karawang ditaksir bakal diikuti oleh tiga pasangan calon. Dua petahana dan satu non-petahana. Bupati Karawang, Cellica Nurr­chadiana bakal kembali maju, dia memilih seorang pengusaha, Aep Saepulloh jadi wailinya (Demokrat, PKS, Golkar, NasDem: parpo pengusung). Wakil Bupati Karawang, Ahmad Zamkhsyari bakal menan­tang Cellica. Pria yang biasa disapa Jimmy itu berpasan­gan dengan Anggota DPRD Karawang kader Partai Ger­indra, Yusni Rinzani (PKB-Golkar: partai pengusung). Sedangkan PDIP, PAN, PBB, PPP menjagokan adik mantan suami Cellica yang berprofesi sebegai dokter, Yessy Karya Lianti dan pe­sohor yang dikethui cucu Wakil Presiden RI yakni Aldy Fairuz.

Cellica Nurrachadiana bersama bakal calon wak­ilnya, Aep Saepulloh beren­cana akan mendeklarisikan diri maju Pilkada Karawang 2020 di Tugu Kebulatan Tekad Rengasdengklok pada Jumat (28/8) ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan