450 ASN dan Pejabat Struktural Disdik Jabar Jalani Tes Swab, Puluhan Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19

BANDUNG – Adanya puluhan ASN yang terpapar Covid-19 dilingkungan Disdik dibenarkan oleh Juru Bicara Gugus Tugas penanganan Covid-19 achmad Daud.

Menurutnya, dinas pendidikan (Disdik) Jawa Barat pada Selasa 11/8 telah melaksanakan tes Swab
terhadap 450 Aparatur Sipil Negara (ASN) dan karyawan. Bahkan pejabat struktural yang berkantor di cabang cabang dinas ikut dites.

Bahkan, kata dia dari hasil Swab tes itu terdapat 0,5 persen atau di bawah 30 orang yang terkonfirmaai positif Covid-19.

“Nah dari hasil itu Kemudian dilakukan tracing atau pelacakan terhadap orang terdekat yang positif covid-19 tersebut, “ujar Daud dalam konferensi pers perkembangan Covid-19 di halaman Gedung Sate Rabu, (19/8).

Dia menyebutkan, berdasarkan hasil tracing ada 50 orang yang terlacak memiliki kontak erat dengan mereka yang positif positif Covid-19. Namun,
baru 20 orang sudah dilakukan tes Swab dengan menggunakan PCR portabel. Dan hasilnya negatif.

Terkait pemberitaan bahwa Disdik Jabar Ditutup Ahmad Daud membantahnya. Sebab, berdasarkan informasi dengan Kadisdik Jabar, pelayanan tetap buka dan tidak ada lockdown.

Kendati begitu, ASN yang terditeksi positif di Disdik Jabar sudah melaksanakan isolasi mandiri dan banyak dinyatakan sembuh. Bahkan ada beberapa yang hasilnya sudah negatif.

“Jadi mereka yang di isolasi mandiri waktunya sudah satu minggu lebih. Karena dari hasil CT tes uji suhu badan anggotanya tinggi jadi untuk normal kembali lebih mudah,” tutur dia.

Daud menambahkan, adanya tes masif diperkantoran, sebetulnya tim Satgas sudah bekerja maksimal. Bahkan satgas sudah dibentuk di setiap instansi. Akan tetapi perkembangan penularan virus Covid-19 disebabkan karena ada mobilitas ASN dan pihak luar sebagai tamu yang bisa saja membawa virus itu.

“Kalau sudah keluar kantor kita kan susah memonitornya, jadi bisa saja di lingkungan rumahnya ada yang terpapar dan membawa ke lingkungan kantor, ” Tutup Daud. (yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan