Tiga Laga tanpa Costa

STRIKER Chelsea Diego Costa, mungkin bisa lolos dari pengamatan wasit Michael Oliver. Namun tindakan kasarnya dengan menginjak kaki dua pemain Liverpool Emre Can dan Martin Skrtel dalam leg kedua semifinal Piala Liga Inggris (27/1) akhirnya berbuah hukuman.

Federasi Sepak Bola Inggris (FA) memberikan skors El Cholo alias Si Binatang Liar -julukan Costa- dalam tiga pertandingan. Artinya Costa tidak akan bermain melawan Manchester City dini hari nanti. plus dua laga Premier League ketika Chelsea bertandang ke Villa Park markas Aston Villa (7/2) dan menjamu Everton di Stamford Bridge (11/2).

FA sendiri dalam dakwaannya kemarin menitik beratkan hukuman kepada tindakan Costa pada menit ke-12 dalam laga yang dimenangkan Chelsea dengan skor 1-0 itu.

Dalam rekaman televisi, striker berusia 26 tahun tersebut terlihat secara sengaja menginjak kaki Emre Can. Padahal bola sudah lepas dari jangkauan kedua pemain.

Selain kepada Can, Costa juga menginjak kaki bek Liverpool Martin Skrtel pada babak kedua. Sama dengan kasus pertama, tindakan Costa kepada bek asal Slovakia itu nyaris sama; menginjak kaki dengan sengaja.

Sebelumnya, FA memberikan waktu kepada Chelsea dan Costa untuk melakukan banding atas hukuman tersebut. Tetapi banding yang dilakukan pihak The Blues akhirnya ditolak.

’’Dalam insiden tersebut, dia seharusnya bisa menghindarinya. Namun dia memilih menginjakkan kakinya di engkel pemain kami. Padahal, dampaknya bisa sangat buruk,’’ ucap Manajer Liverpool Brendan Rodgers sebagaimana dilansir BBC.

Manajer Chelsea Jose Mourinho membela Costa. Menurut pria yang menjuluki dirinya The Special One tersebut, pemain timnas Spanyol kelahiran Brasil tersebut selalu menjadi sasaran aturan yang tidak fair.

Mourinho juga muntab karena pengamat sepak bola yang juga mantan pemain Liverpool dan Tim Nasional Inggris Jamie Redknapp menjuluki Costa sebagai kriminal.

’’Itu merupakan hinaan yang merendahkan. Mereka membunuh kami di televisi. Mereka memanggil Costa krimimal. Itu tidak bisa diterima,’’ ucap Mourinho kepada The Guardian.

’’Tetapi saya tidak akan mengeluarkan kata-kata yang membuat kami terlibat dalam masalah lagi,’’ imbuh Mou. (nur/bas/far)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan