Ronaldo Terbaik Versi Puntung Rokok

LONDON – Tidak mudah mengajak orang untuk membuang puntung rokok dengan tertib, yakni di tempat sampah. Sekalipun di kota yang sangat tertib seperti London.

Hubbub, sebuah LSM lingkungan, punya cara yang catchy. Karena sangat lekat dengan sepak bola, publik London membuat tempat sampah khusus yang berkaitan dengan olahraga paling populer sejagat tersebut. Caranya begini. Mereka menyediakan tempat sampah yang efektif memancing orang membuang puntung rokok. Space di dalam tempat sampah dibagi dua. Lalu, di atasnya, ada pertanyaan polling. Perokok bisa memasukkan sampahnya seolah sedang vote.

Salah satu polling yang ”menarik” paling banyak puntung rokok adalah hal yang tidak bakal selesai didiskusikan berabad-abad. ”Siapakah yang pantas menyandang gelar pemain terbaik dunia?” Opsinya, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Ternyata lebih banyak perokok yang ”memberikan suara” buat Ronaldo.

”Mayoritas orang merasa bahwa buang puntung rokok sembarangan itu jorok. Tapi, tak pernah ada yang benar-benar speak up,” ucap juru bicara Hubbub sebagaimana dikutip Daily Mail. ”Kami mencoba cara ini mulai Mei hingga Oktober. Semoga bisa mengubah mindset para perokok,” lanjutnya.

Agar tidak bosan, setiap pekan pertanyaannya diganti. Misalnya, ”Siapakah yang akan memenangi derby London?” Opsi yang disediakan adalah Crystal Palace dan Arsenal. Ternyata tidak semua memilih Arsenal lho.

Wah, cara itu patut dicontoh di Indonesia. Pertanyaan polling bisa begini, ”Siapakah yang paling bertanggung jawab atas kemunduran sepak bola Indonesia?” Opsinya kira-kira… Hmm, nggak jadi deh. (c14/na/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan