RNPK Majukan Pendidikan Dalam Wirausaha.

SUBANG – Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2019 yang digelar bersamaan dengan pelaksanaan pameran pendidikan membahas upaya memajukan serta mengembangkan pendidikan dan kebudayaan yang melibatkan sektor swasta. Acara dihadiri pula oleh berbagai lembaga pendidikan, organisasi masyarakat peduli akan pendidikan, bidang usahan dan industri.

Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Subang Jawa Barat, Iim Gunawan memaparkan, dalam pelaksanaan pameran ini diberikan kesempatan bagi setiap sekolah untuk menggelar temu bisnis dengan perusahaan. Hal tersebut dilakukan agar dapat meningkatkan produktivitas dari produksi sekolah.

”Ada sebayak 78 stand yang ikut dalam pameran ini. Stan itu ada yang milik lembaga pendidikan seperti SMK, pusat kegiatan belajar masyarakat, perusahaan teknologi pembelajaran, dan sanggar seni,” kata Iim, disela-sela acara pameran di SMKN 2 Subang Jawa Barat. Belum lama ini.

Menurutnya, dalam gelaran tersebut, setiap stan memamerkan produk hasil kegiatan belajar yang dibaut oleh siswa dengan yang tujuannya sekaligus untuk mengembangkan kewirausahaan dalam sekolah. Tidak hanya itu, lanjutnya, dalam acara ini juga, sekolah turut memamerkan  sistem pemetaan lahan pertanian dan pemantauan melalui penggunaan teknologi drone. 

Ini hasil kerja sama dengan Pemerintah Belanda dan kegiatan ini memiliki target untuk mendapatkan rekan usaha atau klien dari layanan yang diberikan oleh SMKN 2 Subang,” ujarnya.

Selanjutnya, Iim mengaku, saat ini SMKN 2 Subang masih menantikan Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengeluarkan peraturan daerah terkait SMK dapat menjadi badan layanan umum daerah (BLUD).

”Supaya bisa mengatur keuangan sendiri tanpa perlu menunggu bantuan dari operasional sekolah dan mendapatkan pendapatan dari penjualan produk,” pungkasnya.(ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan