Tertipu PT SBL, Berangkatkan Umrah dari Uang Pribadi

CICALENGKA – Dikarena­kan merasa tertipu oleh biro pejalanan umrah PT Solusi Balad Lumampah (SBL) pu­luhan jamaan akhirnya bisa berangkat ke tanah suci dengan dibantu H. Burhan Nurdin yang merupakan agen dari PT SBL untuk wilayah Kecamatan Cicalengka.

Menurutnya, diberangkatkan­nya beberpa jamaah adalah sebagai bentuk tanggung moral dan tanggu jawab secara pri­badi kepada Jamaah yang sudah mendaftar melalui dirinya.

“Ini sebagai bentuk tang­gung jawab kami sebagai pengelola agen biro travel umroh dan haji, saya berang­katkan sebanyak 10 orang jemaah yang mendaftar ke saya selaku agen PT. SBL,” jelas Burhan ketika ditemui Jabar Ekspres kemarin (23/2).

Burhan menuturkan, se­bagai pengelola agen biro umroh merasa terganggu dengan kasus yang menim­pa Pt. SBL. Pasalnya, ia sebagai perantara jemaah dengan perusahaan travel umroh menjadi beban moral ke­pada para jemaah.

Selain itu, keputusan ini diambil sebagai bentuk janji yang terlanjur disampaikan. Namun, pada kenyataannya PT SBL malah tersandung masalah hukum. Sehingga, sebagai agen harus mengelu­arkan uang pribadi untuk memenuhi janji para jamaah.

Dirinya menyebutkan, se­banyak 7 jamaah berasal dari Kecamatan Cicalengka, 1 Jemaah asal Nagreg dan dua jemaah asal Cikancung sudah diberangkatkan. “Siapberang­kat semua nya sudah diurus samakita,”ungkapnya.

Burhan mengaku, pihaknya memberangkatkan jamaah beribada umrah dengan meng­gunakan perusahaan travel lain. Sebab, sampai sekarang PT SBL belum bisa membe­rikan pertanggung jawabannya.

Pria yang hanya memiliki toko kelontongan di pasar Cicalengka ini mengaku, pe­ristiwa menimpa dirinya cu­kup menjadi pelajaran bahwa memilih agen travel biro ha­rus dapat dipercaya.

“Ini pengalaman berharga, mudah-mudahan jemaah tidak kecewa kepada kita, karena kita hanyalah sebagai perantara Jamaah dan biro umroh,” tegasnya.

Pemberangkatan Jamaah umroh, disaksikan langsung oleh Kepala Desa Cicalengka Wetan Jajang Sutisna, tokoh masyarakat dan Tokoh Agama serta keluarga dan kerabat para Jamaah. (mg4/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan