Resmi Depak Deddy Mizwar

BANDUNG – Calon gubernur Jabar Deddy Mizwar harus menelan pil pahit. Sebab, PKS, Gerindra, dan Partai Amanat Nasional (PAN) resmi mengumumkan duet Mayjen (purn) Sudrajat dan Ahmad Syaikhu untuk bertarung di Pilgub 2018 nanti.

”Hari ini (kemarin, Red) disepakati mendukung pasangan Sudrajat-Syaiku,” ujar Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman yang disambut gemuruh tepuk tangan ratusan kader di DPP PKS, Simatupang, Jakarta, kemarin (27/12).

Dia menambahkan, PKS juga sudah berbicara dengan Majelis Tinggi Partai Demokrat, terkait keputusan partainya. Sebab sebelumnya kedua partai sempat menjalin koalisi dengan mengusung Deddy Mizwar serta Ahmad Syaikhu.

”Saya sudah bicara dengan Pak Amir Syamsuddin. Beliau sebagai politikus senior sangat dewasa dan beliau memahami pilihan PKS,” tandasnya.

Dengan keputusan tersebut, praktis nasib Deddy Mizwar menjadi tak jelas di Pilgub Jabar 2018. Sebab, Deddy batal mendapatkan tiket Pilgub Jabar setelah PKS dan PAN mencabut dukungannya.

Padahal sebelumnya, Deddy Mizwar dan Ahmad Syaikhu akan mendeklarasikan pasangan di Pilgub 2018. Namun deklarasi itu tinggal kenangan. Deddy, yang awalnya didukung ‘Koalisi Zaman Now’, terdiri atas PKS, PAN, dan Partai Demokrat, akhirnya tak punya kawan.

Koalisi Zaman Now sedianya mengantongi 28 kursi dari syarat minimal 20 kursi di DPRD Jabar untuk mengusung cagub/cawagub. Namun, seperti yang sudah diketahui, koalisi ini retak dan meninggalkan Demokrat sendirian. Dukungan kepada Deddy menjadi gembos karena baru mengantongi 12 kursi dari Demokrat.

Pada akhirnya, PKS dan PAN bergabung dengan Gerindra membentuk ‘Koalisi Reuni’. Koalisi ini pernah memenangkan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Pilgub DKI 2017 putaran kedua.

Ketiga parpol ini sepakat untuk berkoalisi di lima provinsi. Jika digabungkan, Koalisi Reuni memiliki 28 kursi. Khusus untuk Pilgub Jabar, Koalisi Reuni mengusung Mayjen (Purn) Sudrajat bersama Ahmad Syaikhu.

Sebagai informasi, Sudrajat sebelumnya telah diusung sebagai calon Gubernur Jawa Barat oleh Partai Gerindra.‎ Pengusungan Sudrajat diumumkan langsung oleh Ketua Umum Paratai Gerindra Prabowo Subianto di kediamannya di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (9/12) lalu.

Saat itu, Prabowo mengklaim diusungnya Sudrajat dilakukan melalui proses panjang serta konsultasi melibatkan tokoh masyarakat di Jawa Barat, termasuk para alim ulama.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan