Operator Pesimistis Menjangkau Seluruh Mobil

jabarekspres.com, JAKARTA – Peraturan Menteri 108/2017 tentang penyelenggaraan angkutan orang mengharuskan setiap mobil yang digunakan harus melakukan uji kendaraan (KIR). Layaknya angkutan umum pada umumnya.

Kemarin (5/11) Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi Unit Pelayanan (UP) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Pulogadung untuk melihat uji KIR taksi online.

Budi Karya datang ke UP PKB Pulogadung pukul 15.50 menunggangi taksi online yang dikemudikan Evi Enita. ”Tadi Pak Menteri sempat tanya tentang uji KIR. Ini kan untuk keselamatan,” tutur Evi.

Tak hanya itu, Budi juga mendampingi Evi hingga mendaftar untuk melakukan uji KIR. Bahkan saat petugas akan melakukan pengujian, Budi sempat mengamati. Dia melihat bagaimana petugas melakukan uji kelayakan kebisingan hingga kondisi mesin kendaraan. ”Uji KIR nggak ribet. Tadi saya cepat,” ujar perempuan yang sudah dua bulan menjadi driver Uber itu.

Sementara itu, Budi Karya mengapresiasi driver yang sudah melakukan uji KIR. Menurutnya, kendaraan yang digunakan untuk mengankut orang memiliki tanggung jawab yang lebih. Untuk itu uji KIR harus dilakukan. ”Ini untuk memberikan pelayanan yang prima. Ini untuk memberikan perlindungan,” bebernya.

Uji KIR ini menurut mantan Direktur PT Angkasa Pura I itu tidakhanya dilakukan oleh pemerintah. ”Kami memberikan kesempatan swasta untuk membantu uji KIR ini,” ujar Budi.

Walaupun sudah diberlakukan PM 108/2017, namun sanksi yang diberlukan tiga bulan lagi. Untuk pemberlakuan sanksi, Kemenhub bekerja sama dengan Kominfo dan kepolisian. Jika ada taksi online yang bandel, maka Kemenhub akan memberitahu Kominfo. ”Nantinya Kominfo yang menyampaikan ke operator untuk memblokir driver tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu sanksi di daerah, menurut Budi akan dilakukan oleh dinas perhubungan bersama kepolisian. Termasuk dalam hal uji KIR. Budi akan mendorong dinas perhubungan tiap daerah untuk melakukan uji KIR.

Sementara itu, Indonesia Managing Director Grab Ridzki Kramadibrata menuturkan mendukung adanya uji KIR. Bahkan dia mendorong driver untuk melakukan uji KIR. ”Di DKI saja sudah 9.400 mobil yang sudah uji KIR,” ungkapnya. Grab pun menggratiskan uji KIR bagi driver-nya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan