Kemendikbudristek: Transformasi Digital dalam Dunia Pendidikan Merupakan Hal Penting!

JABAR EKSPRES – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengungkapkan pentingnya transformasi digital dalam dunia pendidikan sebagai sarana untuk berbagi ide, pengalaman, dan informasi antara pendidik dan peserta didik.

Menurut Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kemendikbudristek, Iwan Syahril, kehadiran transformasi digital memberikan dampak positif yang signifikan, sehingga semua pihak perlu turut serta dalam mendukung agenda ini.

“Kesempatan ini harus dijadikan sebagai wadah untuk belajar bersama, saling menginspirasi satu sama lain, dan merancang langkah-langkah konkrit untuk menerapkan transformasi digital pada satuan pendidikan kita,”  ujarnya di Jakarta, Selasa (30/4).

Iwan menjelaskan bahwa Kemendikbudristek telah konsisten dalam mendorong proses digitalisasi pembelajaran melalui penyediaan fasilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), serta platform belajar.id bagi guru dan peserta didik.

Baca juga: Program PKW Kemendikbud Ristek RI Sukses Cetak Wirausaha Baru

Dengan bantuan ini, guru dan siswa dapat mengakses berbagai platform untuk mendukung pembelajaran yang lebih baik, efektif, kolaboratif, dan sesuai dengan perkembangan zaman.

Muhammad Adning dari Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) menunjukkan kemajuan dalam pemanfaatan TIK di ekosistem pendidikan Indonesia, terutama melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM).

PMM telah diakses oleh lebih dari 3,4 juta pengguna, dengan 717.000 karya guru dan siswa yang terunggah, serta partisipasi 2,5 juta pendidik dalam pelatihan mandiri dan unduhan satu juta perangkat ajar.

“Ini mengindikasikan bahwa ekosistem pendidikan Indonesia potensial dalam pemanfaatan TIK di masa mendatang,” kata Adning.

Baca juga: Syarat Program PKL Ditjen Dikti Kemendikbud 2024 Bagi Mahasiswa, Cek Berkas yang Harus Disiapkan

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan