Biaya Berangkat Haji Capai 1,3 Miliar

jabarekspres.com, CIANJUR – Berdasarkan data yang dilaporkan Kantor Kementrian Agama Kabu­paten Cianjur kepada Komisi IV DPRD Kabupaten Cianjur, dana pemberangkatan haji di tahun ini mencapai Rp 1.392.393.000.

“Dana yang diperuntukkan untuk pemberangkatan dan pemulangan haji itu lumayan besar, dan belum semuan­ya turun tapi ada dua kali pencairan,” katanya kepada Jabar Ekspres usai rapat kerja dengan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Cianjur, kemarin (19/7).

Dia menyebutkan, angka tersebut harus ada pening­katan di tahun yang akan datang mengingat potensi penambahan kuota yang harus diantisipasi. “Ya harus diantisipasi itu, jangan sampai ada kekurangan, kan bisa ada penambahan kuota jemaah haji nantinya,” jelasnya

Kepala Seksi Penyeleng­gara Haji dan Umrah Kan­tor Kementrian Agama (Ke­menag) Kabupaten Cianjur, Tavip Supriadi, menyebutkan bahwa anggaran tersebut sesuai dengan Perda Nomor 20 tahun 2012 tentang Biaya Pemberangkatan dan Pemu­langan Ibadah Haji. “Saat ini baru Rp 500 juta di pencairan pertama, dan sisanya men­unggu di pencairan kedua,” akunya.

Dia menyebutkan, ren­cananya pemberangkatan akan dilakukan dalam tiga ta­hapan, dengan empat kloter yang dimiliki oleh Kabupaten Cianjur. “Pemberangkatan pertama pada 27 Juli, lalu yang kedua pada tanggal 6 dan 7 Agustus, serta yang terakhir pada 25 Agustus,” sebutnya.

Tak hanya itu, dia menyebut­kan bahwa saat ini persiapan pemberangkatan sudah san­gat siap, hal itu ditunjukan dengan hasi rapat koordinasi panitia pemberangkatan yang terdiri dari berbagai unsur untuk pelaksanaannya.

“Dari pengawalan pem­berangkatan, Polres Cianjur sudah menyatakan siap, lalu untuk yang lainnya juga sudah siap, tinggak pelaksanaan saja saat ini,” ungkapnya.

Saat disinggung mengenai anggaran yang belum cair sepenuhnya untuk pelaksan­aan, dia menyebutkan bahwa hal itu kewenangannya be­rada di ranah Kesra. “Kesra itu urusannya, jadi kami hanya pelaksanaan saja, itu bukan kapasitas kami,” ungkapnya.

Khusus untuk jumlah jamaah haji yang berang­kat, Tavip menyebutkan saat ini ada peningkatan jumlah calon jamaah haji yang siap diberangkatkan dari tahun sebelumnya. “Ada penamba­han 324 orang di tahun ini dari tahun sebelumnya yang berjumlah 1.061 orang jamaah haji,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan