Jabar Jalin Kerja sama Provinsi Setif Aljazair

SETIF – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Setif, Aljazair, Nacher Maskri, sepakat meningkatkan hubungan kerja sama antardua wilayah ke tingkat yang teknis. Hubungan politik yang baik antara Indonesia-Aljazair selama ini, diyakini akan menjadi dasar yang kuat dalam mengaplikasikan program kemitraan selanjutnya.

Dalam jamuan makan malam yang digelar di kediaman  Gubernur Setif untuk menjamu kunjungan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Nacher Maskri, Minggu, (10/3/19)  waktu setempat, keduanya berharap dan berkeyakinan kerja sama yang dijalin akan menguntungkan kedua belah pihak.

“Jawa Barat mempunyai berbagai komoditi yang berkelas dunia yang bisa ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan Aljazair. Kopi dan teh adalah produk unggulan yang sudah diterima baik oleh pasar internasional. Berbagai produksi manufaktur juga siap mengisi pasar Aljazair dan kawasan sekitarnya,”  kata Emil – panggilan akrab Ridwan Kamil.

Pada kesempatan itu, mengundang para pengusaha Aljazair untuk menjajagi kemungkinan membuka kontak usaha lebih jauh di Jawa Barat.

“Kami miliki potensi wilayah yang sudah dan akan dikembangkan sebagai pusat-pusat kegiatan ekonomi, manufaktur, agroindustri, pariwisata dan berbagai aktivitas bisnis lainnya,” ujar Emil, yang saat itu juga didampingi Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat, Tatan Pria Sudjana.

Emil menyebutkan kerjasama dengan Aljazair, Maroko, dan kawasan Timur Tengah lain adalah upaya untuk menyeimbangkan perdagangan dengan kawasan asia timur seperi Tiongkok, Jepang, dan Korea.

Emil juga menawarkan berbagai aplikasi dalam kontek smart city kepada Setif dan kota-kota lain di Aljazair.

Sementara itu, Gubernur Nacher Maskri menyambut baik tawaran bisnis Ridwan Kamil dan berharap ditindaklanjuti dengan langkah-langkah teknis.

“Kami, warga Aljazair, sangat menghormati Indonesia, khusudnya Bandung, karena dari kota itu muncul semangat bangsa kami dan bangsa-bangsa lain untuk merdeka,” kata Maskri menyinggung peristiwa Konferensi Asia Afrika (KAA) tahun 1955 yang dinilai sebagai dasar kebangkitan bangsa Aljazair.

“Dari sejarah itu, kami berkeyakinan kerja sama ini akan berjalan baik dan mampu saling meningkatan kesejahteraan melalui pembangunan ekonomi dan kebudayaan,” kata Maskri.

Gubernur Setif juga menyatakan tertarik dengan sistem smart city dan berharap ada pembahasan lanjutan yang lebih detail.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan