Flyover Dibangun di Jalan Soekarno Hatta

BANDUNG – Kementerian Pekerjaan Umum dan Peru­mahan Rakyat (PUPR) ren­canannya akan membuat jembatan layang yang dilo­kasinya di Jalan Soekarno Hatta.

Plt Sekertaris Daerah (Sek­da) Kota Bandung, Ema Su­marna memperoleh infor­masi baru tersebut saat mengikuti rapat di Kemen PUPR pada Senin (28/1/2019). Rapat tersebut juga sekaligus membahas mengenai tinda­klanjut proyek pembuatan Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR).

“Kemarin mereka meny­ampaikan BIUTR punya semangat komitmen tetap bisa berlanjut. Tetapi akan melihat visiblitasnya dulu. Kemarin di ekspose kemen­terian PUPR, nanti di sana (Jalan Soekarno-Hatta) ada fly over,” kata Ema usai mengikuti rapat paripurna di Gedung DPRD Kota Bandung, Jalan Sukabumi, Selasa (29/1/2019).

Ema menuturkan, Kemen PUPR berencana membangun dari persimpangan Jalan Soekarno Hatta-Jalan Ibrahim Adjie dekat Kantor Samsat hingga ke dekat persim­pangan Batununggal. Ke­mudian dari Jalan Kopo menuju Jalan Leuwi Panjang.

“Jalan Soekarno Hatta-Ibrahim Adjie ada fly over turunannya ke Batununggal, berarti melompati dua in­tersection, kemudian perem­patan Kopo dengan Leuwi Panjang. Bahkan itu kaitan­nya dengan progres pembe­basan lahan itu pihak pro­vinsi yang melakukan. Itu belum diperlihatkan gambar cuma baru informasi,” jelas­nya.

Perihal informasi lanjutan­nya, Ema masih belum mendapatkan lebih jelas. Baik itu soal Detail Engeen­ering Design (DED) ataupun perihal pembiayaanya.

“Dana persisnya apakah dari pusat atau dari mana ber­kaitan dengan Jica saya belum paham. Tetapi yang jelas pe­merintah provinsi dan pemerin­tah kota ada istilahnya budget sharing di titik tertentu kaitanya untuk pembebasan lahan di beberapa trase,” jelasnya.

Sementara mengenai per­kembangan terbaru dari proyek BIUTR, Ema memas­tikan bahwa pemerintah pu­sat sangat serius untuk mewu­judkannya. Jalan dari Pasteur ke Gedebage itu bahkan sudah mulai digarap. Saat ini tinggal memperbaharui isi MOU.

“Kalau saya lihat yang akan diselesaikan kan sekarang sudah berproses tingal 2 km lagi yang interchange 149. Nah, itu mau dituntaskan yang nantinya nyambung ke Jalan Soekarno Hatta,” ulasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan