Dua Flyover Telan Dana Rp 78 M

BANDUNG – Dua jembatan layang (flyover) rencanannya akan segera dibangun di Kota Bandung untuk mengurangi kemacetan yang kerap terjadi.

Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jawa Barat Ahmad Koswara mengatakan, proyek jembatan flyover ini akan dibangun didua tempat.

Pertama di ruas Jalan Laswi sampai jalan Pelajar Pejuang45. Kemudian di persimpangan Jalan Jakarta sampai Jalan Supratman.

’’Untuk pembangunanannya tahap satu ditargetkan selesai pada akhir Desember 2019. Sedangkan tahap kedua pada tahun 2020,’’ ucap Korwara kepada wartawan, Selesa (3/9).

Dia menuturkan, pembanguna flyover ini sudah melalui kajian dan analisa. Sebab, dikawsan tersebut sering terjadi kemacetan pada jam-jam sibuk. Terlebih, kawasan itu adalah persimpangan jalan dan di jalan Laswi ada perlintasa kereta api.

Koswara menyebutkan, proyek flyover ini menggunakan dana APBD Provinsi Jawa Barat dengan perkiraan biaya sebesar Rp 78 miliar dengan perinsian flyover Jalan Jakarta kurang lebih Rp 42 milyar untuk tahap satu dan dua.

’’Nah kalau untuk flyover di Jalan Laswi itu kurang lebih totalnya Rp 35,9 miliar untuk tahap satu dan dua,” sebut dia.

Dia menjelaskan, untuk kontruksi dari flyover sendiri tidak akan menyerupai dengan jembatan flyover di perempatan terusan jalan Jakarta-Antapani-Ibrahim Adjie. Akan tetapi, untuk desain finishing akan menggunakan banyak warna.

’’ Untuk model tidak akan seperti itu, karna bentangnya itu terlalu panjang jadi susah membuat lengkungan seperti pelangi,’’ ucap dia.

Sementara itu, KepalaUnit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD)Wilayah Pelayanan III Bandung Aan Heryadi menambahkan, pembangunan flyover tahap satu ini direncanakan selesai pada Desember 2019 dan tahap dua akan dimulai pada April 2020.

’’ Tahap satu itu hanya pembuatan pondasi saja, tahap dua itu finishing,’’ kata dia.

Dia mengatakan, flyover untuk jalan Jakarta rencananya akan memiliki panjang 500 meter lebar jembatan 40,9 meter. Sedangkan Untuk di jalan laswi memiliki panjang 520 meter dan lebar 36 meter.

’’Kalau konsep desain dan kontruksi seperti itu, tapi nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan,’’ tutup Aan.

Untuk diketahui, sejauh ini Kota Bandung sudah memiliki 3 jembatan Flyover. Jembatan Flyover Pasopati, Flyover Kiaracondong dan yang terbaru Flyover Antapani atau lebih dikenal dengan jembatan Pelangi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan