Atalia Gencar Sarling ke Berbagai Daerah

BOGOR – Setelah Kabupaten Kuningan, Ketua TP PKK Pro­vinsi Jawa Barat, Atalia Pra­ratya Kamil melakukan Siaran Keliling (Sarling) kedua di Kabupaten Bogor, Senin (25/02).

Dalam rangkaian Sarling kedua ini, lokasi pertama Yang Atalia kunjungi adalah Posy­andu Melati, Kelurahan Ci­binong, Kecamatan Cibinong. Di lokasi ini, Atalia menekan­kan pentingnya menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) khususnya dalam lingkungan rumah.

“Bunda-bunda, menerapkan PHBS tentu akan menciptakan keluarga sehat dan mampu meminimalisir masalah kese­hatan,” kata Atalia.

Atalia memaparkan sepuluh indikator PHBS pada tingka­tan rumah tangga, diantaranya persalinan ditolong oleh te­naga kesehatan, memberi ASI ekslusif, menimbang bayi dan balita, menggunakan air ber­sih, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, meng­gunakan jamban sehat, mem­berantas jentik di rumah, makan buah dan sayur setiap hari, melakukan aktivitas fisik setiap hari, dan tidak merokok di dalam rumah.

Menurutnya, kesepuluh indikator tersebut harus di­terapkan dalam lingkungan rumah kagar anggota kelu­arga tidak mudah terkena penyakit sehingga anggota keluarga sehat dan mampu meningkatkan produktifitas anggota rumah tangga.

Sama seperti Saling sebelum­nya, Atalia juga menyerahkan alat penimbangan balita Dacin Inovasi, ‘Tanda Sayang Bunda Cinta dari Ketua TP PKK Prov. Jabar kepada Ketua TP PKK Kelurahan Cibinong.

Dengan berjalan kaki, Atalia mengunjungi lokasi kedua, PAUD Kholid bin Walid Ke­camatan Cibinong. Di lokasi ini Atalia disambut dengan tari Assalamualaikum dan penampilan drumband oleh anak-anak PAUD.

Kembali, Atalia mengingat­kan kepada para orang tua agar terus berupaya menanam­kan budaya membaca di ling­kungan rumah masing-masing. Karena pada dasarnya, hal yang paling mendasar dalam tumbuh kembang anak ada­lah derajat kondisi psikoso­sial, kesehatan dan gizi anak.

Buku berjudul ‘Mia dan Ikan Goreng’ dibacakan Atalia. Buku karya Atalia ini menceritakan pentingnya makan ikan. Ka­rena baginya, ikan mengandung banyak protein dan dapat mem­bantu anak-anak tumbuh sehat, cerdas dan ceria.

“Ini adalah buku Mia dan Ikan Goreng, Bunda yang menulis sendiri buku ini,” kata Atalia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan