8 Faktor Ini Menentukan Skor Debat Capres

JAKARTA – Publik akan memberikan penilaian kepada peserta debat capres. Biasanya, penilaian tersebut akan diberikan setelah tahapan Pilpres 2019 itu selesai.

Pengamat politik Emrus Sihombing mengatakan, penilaian yang diberikan publik dalam rangka menentukan kemenangan bisa dalam bentuk skor kuantitatif. Emrus menjelaskan, setidaknya ada dua hal yang memengaruhi penilaian publik kepada peserta debat.

Pertama, yang sudah melekat pada diri peserta debat. Yaitu, popularitas, prestasi, rekam jejak dan reputasi. “Oleh karena sudah melekat, publik telah memberikan penilain kepada peserta debat sebelum debat dilaksanakan,” kata Emrus, Kamis (17/1).

Dia menambahkan popularitas bisa dilihat dari dua aspek. Yakni popularitas dari sisi yang menguntungkan dan merugikan peserta debat capres. Yang menguntungkan, apabila publik telah menilai peserta debat sebagai orang yang populer terkait dengan perilaku keseharian yang sesuai dengan rasa nyaman masyarakat.

“Yang merugikan, ya sebaliknya. Jadi, ada pertarungan popularitas,” ungkapnya.

Dia menambahkan, prestasi ini bisa dilihat selama memegang posisi atau suatu kepercayaan dari masyarakat. Jadi, tidak harus memegang jabatan presiden yang sedang dipertandingkan. Tetapi status sosial di bidang profesi lainnya.

Penilaian atas prestasi akan lebih baik bila itu merupakan yang luar biasa dan unik, tidak merupakan duplikasi dari tokoh tertentu. “Jadi, prestasi hal penting juga,” tegasnya.

Dia melanjutkan, rekam jejak juga menentukan penilaian. Jika rekam jejak pelaku debat tervalidasi sebagai sosok yang baik, atau senantiasa berada pada garis moral, etika dan hukum yang berlaku, maka lebih cenderung akan mendapat penilaian subyektif yang positif dari publik.

“Demikian sebaliknya. Jadi, rekam jejak hal yang harus tetap terjaga,” paparnya.

Menurutnya, reputasi merupakan opini umum dari masyarakat tentang nama baik peserta debat. Nama baik peserta debat yang sudah tertanam di peta kognisi publik akan memberikan penilain positif terhadap tokoh tersebut.

“Demikian sebaliknya. Reputasi juga dipertaruhkan,” ujarnya.

Kedua, lanjut dia, apa yang terjadi di panggung saat perdebatan berlangsung. Setidaknya ada empat unsur terkait performa debat yang memengaruhi penilaian publik yaitu program, retorika, akting, dan rasionalitas,

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan