Wujudkan Persatuan Antar Ormas

BANDUNG – Beberapa Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) yang ada di Kota Bandung belum lama ini berkumpul dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI ke 73 sekaligus menjali silahturahmi antar organisasi.

Sekjen Forum Ormas Jabar Akhyad mengatakan, kegiatan ini dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI dan sebagai wadah silaturahmi antar ormas

’’ Ini semata-mata untuk menjalin komunikasi, interaksi dan koordinasi diantara pengurus Ormas, LSM dan Komunitas agar selalu terjalin kebersamaan,’’jelas Akhyad ketika ditemui belum lama ini.

Dia menyebutkan, pada kesempatan tersebut pihaknya mengundang s 60 Ormas yang terdiri dari Lembaga Swadaya Masyarakat ( LSM) dan beberapa Komunitas dari berbagai daerah se- Jawa barat. Untuk menambah rasa kebersamaa, pihaknya juga menggelar berbagai perlombaan seperti balap kerupuk, balap karung serta perlombaan orasi.

Menaggapi keberadaan ormas yang masih dipandang negatif di mata masyarakat, Akhyad bertekad akan mengubah image tersebut dengan cara akan menjadikan setiap ormas memiliki intelektual sehingga dapat berkreasi membuat kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat.

Menurutnya, keberadaan forum ormas sendiri sebetulnya ingin menciptakan kondusifitas antar ormas agar tetap terjalin komunikasi dan hubungan baik.

“Ormas ini terkesan negatif makanya saya jadikan forum ormas ini yang menjadi contoh bagi masyarakat khususnya dan umumnya bagi ormas, LSM itu sendiri,”kata Akhyad.

Pada kesempatan sama Ketua Forum Ormas Jabar Hendra Mulyana mengatakan, acara ini harus terprogramkan secara konsisten sebab makna dari kondusifitas itu apabila kita lengah akan terpecah maka harus dijalin dengan adanya silaturahmi dan kebersamaan. Sehingga, dapat menangkal kabar berita negatif yang mengandung unsur hoax.

’’Isu negatif yang berasal dari hoax sebetulnya dapat menyulut konflik dan dapat meresahkan, untuk itu, hadirnya forum ormas akan mengarahkan pada bentuk persaudaraan dan persatuan antar ormas yang ada di Jabar,”tutup dia. (zat/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan