Wujudkan Budaya Literasi Keluarga

Edukasi Anak Cari Informasi Tepat

142
Aktualitasi Literasi Berdayakan Perpustakaan Keluarga
ACHMAD NUGRAHA/ANDY RUSNANDY/JABAR EKSPRES
PENGHARGAAN PEGIAT PERPUSTAKAAN: Kepala Dispusipda Jabar Taufik Budi Santoso (kanan) dan Sekda Pemprov Jabar Iwa Karniwa (kiri) foto bersama usai memberikan penghargaan kepada para pemenang lomba perpustakaan tingkat Jawa Barat tahun 2018 dan Bunda Literasi Jabar Netty Prasetiyani (tiga dari kanan).
kepala_DISPUSIPDA
Dr. Ir. H. M. Taufik Budi Santoso, M.Soc, Sc
Kepala Dispusipda Jawa Barat

BANDUNG – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusipda) Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan aktualisasi literasi keluarga di Gedung Sate, Kamis (1/7) dalam rangka membangun keluarga literat melalui pemberdayaan perpustakaan keluarga. Kegiatan dihadiri para kepala Dispusipda kabupaten/kota se-Jawa Barat dan sejumlah pegiat perpustakaan.

Dalam kegiatan tersebut digelar workshop, penyerahan penghargaan kepada para juara lomba, penyerahan stimulan buku dan rak buku secara simbolis kepada Desa Cipinang Kecamatan Cibatu Kabupaten Purwakarta. Serta penandatanganan naskah kerja sama dengan Universitas Nusantara (Uninus) dan Bank Indonesia (BI) dan pameran literasi.

Dispusipda Jabar, Uninus, dan Bank Indonesia
KERJA SAMA LITERASI: Penandatanganan kesepakatan kerja sama antara Dispusipda Jabar, Uninus, dan Bank Indonesia di Gedung Sate, Kamis (12/7).

Terdapat empat topik penyajian materi dalam kegiatan workshop. Topik pertama tentang kiprah bunda literasi dalam mewujudkan masyarakat literet di Kabupaten Pangandaran dengan narasumber Bunda Literasi Kabupaten Pangandaran Hj. Ida Nurlela Jeje Wiradinata. Topik kedua perpustakaan keluarga menjamin hak-hak anak untuk menjadi masyarakat literet dengan narasumber Pembina Dewan Perpustakaan Jabar Hj. Nenny Kencanawati.

ads

Topik ketiga mewujudkan PAUD sebagai wahana literasi pada anak dengan narasumber Cenita Meiliani, pemenang juara lomba bercerita bagi pengelola PAUD tahun 2016 dari Kota Sukabumi. Topik terakhir menyuguhkan success story harmonisasi anggota keluarga dalam mewujudkan keluarga literet dengan narasumber Yadi Suhayadi, pemenang juara lomba keluarga literet Kabupaten Kuningan. Bunda Literasi Jawa Barat Hj. Netty Prasetiani Heryawan menjadi keynote speaker.

lomba perpustakaan
PERPUSTAKAAN TERBAIK: Sekda Pemprov Jabar Iwa Karniwa (tiga dari kanan), Kepala Dispusipda Jabar Taufik Budi Santoso (kanan) dan Bunda Literasi Jabar Netty Prasetyani Heryawan foto bersama usai memberikan penghargaan kepada para pemenang lomba perpustakaan tingkat Jawa Barat tahun 2018.

Kepala Dispusipda Jabar Taufik Budi Santoso didampingi Sekretaris Dinas Dinny Resmiati dan Kepala Bidang Bina Perpustakaan dan Budaya Gemar Membaca Oom Nurrohmah mengatakan, dalam konteks kemampuan literasi informasi, membaca diaktualisasikan melalui menulis. Pembelajaran dari proses literasi ini menjadi bekal untuk memecahkan masalah hidupnya secara etis dan kritis, yang pada gilirannya menjadi seorang pribadi yang mandiri.

“Tahapan efektif yang dilakukan adalah diawali melalui pendekatan keluarga, karena keluarga sebagai salah satu unit terkecil yang ada di masyarakat dapat menjadi kunci utama untuk menghidupkan budaya literasi,” kata taufik.

Apalagi, kata dia, saat ini tantangan dari majunya teknologi informasi dan komunikasi dirasakan sangat berat dan menghawatirkan. Terutama bagi para orang tua terhadap anaknya. Dengan pembinaan kemampuan literasi informasi yang diawali di lingkungan keluarga, diharapkan dapat memberikan edukasi kepada anak-anak dalam mencari, mengakses dan menggunakan informasi.

“Sehingga ada filter yang terbentuk dengan sendirinya, manakala seseorang sudah well informed terhadap informasi,” tuturnya.

Taufik menjelaskan, sumber informasi yang sangat aman dan akuntabel adalah perpustakaan. Dalam rangka meningkatkan minat baca dan peran keluarga dalam membangun masyarakat literat, Dispusipda Jabar menyelenggarakan kegiatan workshop aktualisasi litarasi keluarga tersebut.

“Sasarannya agar terbangun gerakan literasi keluarga melalui pemberdayaan perpustakaan dengan melibatkan peran serta multi-stakeholder,” jelasnya.

Sedangkan tujuannya, meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap baik bagi para pembina gerakan literasi, maupun anggota keluarga dan masyarakat dalam mewujudkan masyarakat literet.

“Juga mengintegrasikan program dan kegiatan gerakan literasi keluarga, melalui pemberdayaan perpustakaan dalam mengakselerasi kemampuan literasi keluarga dan masyarakat,” tambahnya.

Kegiatan ini diikuti sekitar 500 peserta yang terdiri dari jajaran tim pengurus PKK Jabar, kabupaten/kota, kecamatan, desa /kelurahan se-Jawa Barat, kepala lembaga perpustakaan umum kabupaten/kota se-Jawa Barat, bunda literasi tingkat desa/kelurahan, kecamatan, dan kabupaten/kota yang sudah terbentuk se-Jawa Barat, para pustakawan perpustakaan daerah se-Jawa Barat, berbagai organisasi perpustakaan, guru TK dan PAUD se-Jawa Barat.

Sekda Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa mengungkapkan, mengacu dan memperhatikan kondisi saat ini, pembudayaan kegemaran membaca mengalami perkembangan baik dari aspek pemaknaan maupun metode pengimplementasiannya. Pembudayaan diarahkan kepada gerakan literasi yang bukan hanya kemampuan membaca dan menulis saja.

“Namun menambah pengetahuan, keterampilan dan kemampuan yang dapat membuat seseorang memiliki kemampuan berpikir kritis, memecahkan masalah dalam berbagai konteks, mampu berkomunikasi secara efektif, dan mampu mengembangkan potensi dan berpartisipasi aktif dalam masyarakat,” ungkapnya. (and/adv)

Perpustakaan Terbaik Jawa Barat 2018

Perpustakaan Terbaik Jabar 2018

  1. Perpustakaan Telkom University
  2. Pustaka Bogor
  3. Dispusip Kabupaten Sukabumi
  4. Perpusatakaan Unpad
  5. Dispusip Kabupaten Indramayu
  6. Dispusip Kabupaten Ciamis
  7. SMA 1 Caringin Bogor

Perpustakaan Sekolah Terbaik 2018

  1. SMAN 2 Kota Sukabumi
  2. SMAN 1 Indramayu
  3. SMKN 2 Indramayu
  4. SMAN 1 Kabupaten Ciamis
  5. SMA PU Al Bayan Kab. Sukabumi
  6. SMK Husnul Khotimah Kab. Tasik
  7. SMA Kesatuan Kota Bogor

Perpustakaan Desa/Kelurahan Terbaik 2018

  1. Desa Taman Bunga Kab. Sukabumi
  2. Desa Juntinyuat Indramayu
  3. Desa Cibeusi Subang
  4. Desa Cibodas Bandung Barat
  5. Desa Kaliaraen Kuningan
  6. Desa Ciherang, Cianjur
  7. Desa Cisontro Ciamis
~ads~

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.