75

SBH Siap jadi Kader Germas

SALURKAN MINAT: Anggota Pramuka Saka Bakti Husada se Jawa Barat saat menggelar Olimpiade SBH di Kiarapayung.

SUMEDANG – Guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat, dan meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan dan pengalamannya di Satuan Karya Bakti Husada. Ratusan anggota Pramuka Saka Bakti Husada se Jawa Barat berkumpul di Bumi Perkemahan Kiarapayung, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, untuk mengikuti Olimpiade Saka Bakti Husada (SBH).

”Olimpiade SBH ini digelar selama dua hari 11-12 Desember yang diikuti 270 peserta Pramuka Penegak dan Pandega Saka Bakti Husada dari 27 kontingen kabupaten/kota di Jawa Barat,” kata Ketua Panitia Penyelenggara Olimpiade SBH, Adi Komara pada wartawan.

Adi menyebut kegiatan ber­tema ”Kader SBH Siap Men­jadi Kader Germas” diisi dengan Tujuh kompetisi lomba. Ketujuh lomba itu antara lain cerdas cermat, penyuluhan, cipta lagu jingle, desain poster, StandUp Co­medy, dan lomba Vlog. Selain itu juga ditambah dengan kegiatan keagamaan dan ke­giatan umum lainnya.

”Jadi, kegiatannya dikemas agar lebih kreatif, inovatif, produktif, dan rekreatif, guna meningkatkan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan Satuan Karya Bakti Husada. Nantinya para pe­menang lomba ini akan men­jadi para penyuluh Saka Bakti Husada,” terang Adi.

Kepala Dinas Kesehatan Pro­vinsi Jawa Barat Dr Dodo Su­hendar MM dalam sambutan­nya menyatakan, Olimpiade SBH bertujuan mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan yang dapat mem­bantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua ang­gota Pramuka dan masyarakat di lingkungannya.

Menurut Kadinkes, banyak hal yang dapat dilakukan oleh kader SBH, termasuk inter­vensi pada prioritas perma­salahan saat ini. ”Prioritas permasalahan saat ini yaitu pencegahan dan penanggu­langan stunting, meningkatkan cakupan dan kualitas imuni­sasi, serta pencegahan dan pengobatan penyakit TBC,” sebut Dodo.

Dan dari Olimpiade SBH inilah, imbuh Dodo, akan dipilih kader pencegahan dan penanggulangan stunting dari 27 kabupaten/kota yang jadi peserta. (yan/ign)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.