Pj Gubernur Titip Cianjur

BANDUNG – Momentum Hari Jadi Jabar ke-73 digambarkan Penjabat Gubernur Jawa Barat, Mochamad Iriawan sebagai lecutan pelaksaaan proyek strategis nasional (PSN) untuk lebih baik. Sebab, sejumlah proyek infrastruktur di Jabar menjadi penopang pelayanan publik skala nasional.

Proyek strategis nasional itu antara lain, penyelesaian sembilan venue Asian Games 2018, pelaksanaan program Citarum Harum, pengembangan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, pembangunan Pelabuhan Patimban, pembangunan Jalan Tol Cisumdawu dan Bocimi. Pembangunan bendungan-bendungan strategis, dan pengentasan kemiskinan di Jabar Selatan.

Sedangkan program-program strategis provinsi yang sedang diakselerasi pelasanaannya antara lain pengembangan Bandara Cikembar Kabupaten Sukabumi, Lanud Wiriadinata Tasikmalaya, TPAS Regional Nambo dan Legok Nangka, serta persiapan penyelenggaraan PORDA ke XV Tahun 2018 di Kabupaten Bogor.

”Persiapan sembilan venues Asian Games di Jawa Barat telah tuntas sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, dan sekarang sudah digunakan seluruhnya. Saat ini kami sedang membantu INASGOC untuk memastikan penyelenggaraan Asian Games di wilayah Jawa Barat dapat berlangsung dengan sukses,” tutur Irawan usai acara Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Jabar dalam Memperingati Hari Jadi ke-73 Tahun Provinsi Jabar, kemarin (19/8).

Untuk pelaksanaan program Citarum Harum, kata dia, Pemerintah Provinsi Jabar beberapa kali rapat koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan rehabilitasi dan revitalisasi DAS Citarum. ”Termasuk menjaga komitmen pelaku industri di DAS Citarum untuk tidak lagi mencemari lingkungan dan mendukung program Citarum Harum,” kata dia lagi.

Terkait dengan pengembangan BIJB Kertajati, pihaknya tengah mengoptimalkan kerjasama dengan PT Angkasa Pura II selaku operator Bandara, yang juga berminat untuk menjadi salah satu pemegang saham PT BIJB.  Sedangkan untuk pembangunan Pelabuhan Patimban, kata dia, dalam waktu dekat dilakukan groundbreaking oleh Presiden RI. ”Termasuk di salamnya, pembangunan jalan akses menuju pelabuhan dari ruas jalan jalur pantura,” ucapnya.

Khusus soal infrastruktur jalan, pembangunan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (BOCIMI) Seksi I Ciawi-Cigombong sepanjang 15,3 kilometer sudah mencapai 100 persen. Selanjutnya untuk Seksi II, III, IV akan mulai dibangun tahun 2019.

Sedangkan, untuk Pembangunan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu),  saat ini sedang menyelesaikan pembangunan twin tunnel. Terowongan sebelah kiri sudah mencapai 380 meter dan ditargetkan berhasil tembus di akhir Agustus ini. Sementara terowongan sisi kanan sudah mencapai 290 meter ditargetkan akan tembus pada Desember 2018.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan