Peringati HMPI, PLN Tanam 22.000 Pohon

BANDUNG – Memeringati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2018, PLN menanam 22 ribu pohon di wilayah operasional PLN. Aksi tersebut dilakukan serentak oleh 22 unit kerja PLN se-Indonesia.

Pada Program penghijauan di 2018, masing-masing PLN Unit Induk ditargetkan menanam pohon minimal sebanyak Seribu pohon. PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat sendiri melaksanakan penanaman dipusatkan di Pondok Quran Boarding School Bukit Citarik RT 01/05 Desa Girimekar, Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung.

Dalam penanaman pohon itu terlihat hadir, antara lain Gene­ral Manager PLN UID Jawa Ba­rat Iwan Purwana, KaSi Terito­rial Korem 062/Tarumanegara, serta Kadis LH Kabupaten Bandung Asep Kusumah.

Bekerja sama dengan Yaya­san Buana Hijau Sejahtera, PLN UID Jabar mengusung konsep pembangunan Arbo­retum-ku Bersinar sebagai pusat koleksi pohon asli dan buah tropis.

Nantinya lahan yang ditana­mi terdiri dari beraneka jenis pohon yang ke depan dapat dimanfaatkan untuk aktivitas produktif maupun sebagai sarana pembelajaran.

Semangat penting yang juga diusung dalam aktivitas ini antara lain penyelematan daerah tangkapan air yang sangat penting bagi ke­seimbangan lingkungan di Daerah Aliran Sungai. Untuk itu dipilihlah lokasi-lokasi strategis yang menurut kajian harus segera dilakukan kon­servasi.

Untuk menjamin keberla­njutan program ini, turut digandeng Lembaga Pendi­dikan yaitu Pondok Pesantren di beberapa wilayah yang mempunyai lahan potensial untuk ditanami untuk dijadi­kan sebagai Arboretum Pohon Asli dan Buah Tropis Indo­nesia Berbasis Pesantren.

Enam Pondok Pesantren yang berada di tiga daerah aliran sungai yang berbeda antara lain Pondok Quran Boarding School dan Pondok Pesantren Al-Logawi yang merupakan daerah tangkapan air bagi DAS Citarum, SMP IT Al-Fawaz be­rada di hulu DAS Cimanuk, Madrasah Al-Furqon dan Pon­pes An-Nuur yang berada di daerah tengah DAS Cimanuk serta Ponpes Suryalaya yang merupakan daerah Hulu bagi DAS Citanduy.

Dalam kesempatan ini se­jumlah 3.805 bibit pohon akan ditanam di beberapa lokasi diatas, terdiri dari pohon ke­hutanan dan buah-buahan. Adapun jenis pohonnya an­tara lain, Pohon Puspa, Mang­lid, Surian, Saninten, Kayu manis, Sengon, dan Glodokan Tiang. Sedangkan jenis pohon buah-buahan seperti Pohon Kupa, Ceremai, Kedongdong, Durian, Rambutan, Nangka, Jambu Kristal dan pohon buah lainnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan