Perempuan Sebetulnya Miliki Potensi

BANDUNG – Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, membuka gelaran Pelatihan Bisnis Spektakuler untuk Para Perempuan Pemula atau Pela­ku Bisnis di Wilayah Jawa Barat.

Kegiatan ini gelar Perhimpu­nan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (PPLIPI) DPW Pro­vinsi Jawa Barat, di Bale Asri Pusdai Bandung, kemarin (3/10).

Wagub Jabar Uu Ruzhanul mengapresiasi PPLIPI yang menyelenggarakan acara ter­sebut, apalagi dalam kerang­ka membangun potensi pe­rempuan di Jawa Barat.

”Tujuannya agar lebih ma­ju, mandiri, dan sejahtera,” kata Wagub Uu.

Adapun upaya membangun potensi perempuan Jabar, ya­kni dengan meninjau dan meng­gali potensi daerah yang bisa dan perlu dikembangkan. Maka dalam hal inilah Pemerin­tah Provinsi Jabar mendorong.

Contohnya, seperti perem­puan di Kabupaten Tasikma­laya terkenal dengan berbagai jenis kerajinan, potensi ter­sebut menjadi unggulan. Begitu pula di daerah lainnya.

”Perempuan kini dinaikan martabatnya, difasilitasi, di­beri kuota dalam berbagai hal di negeri ini,” katanya.

Namun, kata Uu, dalam kesetaraan, perempuan tetap punya fitrah sebagai istri. Pe­rempuan harus tetap taat dan hormat pada suaminya, dan menyayangi anak-anaknya.

Pun perempuan, punya tu­gas besar mempertahankan keutuhan keluarga yang ’sakinah mawadah warohmah’.

”Sudah punya penghasilan, hormat pada suami, jaga keu­tuhan rumah tangga,” kata Uu.

”Itulah mengapa perem­puan punya peran strategis,” tambahnya.

Ketua Umum PPLIPI Indah Surya Darma Ali, mengungkap visi misi PPLIPI, yakni pember­dayaan perempuan. Dimana pemberdayaan, menjadi kara kunci yang merefleksikan ke­inginan dan harapan banyak perempuan di Indonesia.

Maka, lanjut Indah, kegia­tan PPLIPI selain dalam ben­tuk penyuluhan dan pelatihan, juga dalam bentuk pembe­rian bantuan permodalan bagi pengusaha pemula. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan