Pemerintah Pusat Bantu Pembangunan Pelabuhan Jayanti

CIANJUR – Nelayan di pantai selatan Cianjur bakal segera memiliki pelabuhan yang rencananya akan dibangun tahun depan di Pantai Jayanti, Kecamatan Cidaun, dengan dana bantuan pemerintah pusat.

Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan rencana pembangunan pelabuhan dan perbaikan dermaga sebagai upaya meningkatkan perekonomian di wilayah selatan khusususnya bagi seribuan nelayan di wilayah tersebut.

Sebelumnya pemecah ombak telah dibangun di Pantai Jayanti beberapa tahun yang lalu, dan selanjutnya akan dibangun pelabuhan yang ditunjang dengan sarana dan prasarana penunjang agar memudahkan nelayan untuk menjual hasil tangkapannya.

“Tahun depan rencana tersebut sudah dapat dilakukan karena kita mendapat bantuan dari pusat untuk membangun pelabuhan di Pantai Jayanti. Keberadaan pelabuhan diharapkan dapat meningkatkan roda perekonomian,” katanya kepada wartawan, Rabu (19/9).

Rencana pembangunan pelabuhan tersebut, sudah sejak lama diajukan ke pemerintah pusat, namun baru tahun depan dapat terlaksana.”Saat ini kami sudah mengadakan beberapa kali rapat untuk menuntaskkan hingga pembangunan,” kata Herman.

Bahkan pihaknya telah mengintruksikan dinas terkait untuk memberikan pendidikan pelatihan tambahan bagi nelayan, agar memiliki usaha lain ketika musim paceklik dan cuaca ekstrem. “Pasalnya selama ini nelayan di pantai selatan terpaksa menganggur ketika musim paceklik ikan dan cuaca ekstrem, karena tidak memiliki keahlian lain atau menjadi kuli serabutan di luar kota, ” ungkapnya.

Dia berharap penataan Jawa Barat selatan yang akan dilakukan pemerintah provinsi dalam waktu dekat, diharapakan dapat meningkatkan angka kunjungan ke pesisir pantai selatan Cianjur serta meningkatkan roda perekonomian di wilayah tersebut.

“Semoga rencana pengembangan Jabar selatan yang segera dilakukan pemerintah provinsi, berimbas dengan kemajuan segala bidang termasuk pariwisata di selatan Cianjur yang sudah mulai kita tata,” pungkasnya. (bay/yhi)

Tinggalkan Balasan