Pacu Semangat Pelajar

BANDUNG – D3 Kepolisian Fisip Universitas Langlangbuana kembali menggelar lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) se-Bandung Raya untuk tingkat SMP/MTS DAN SMA/SMK/Sederajat pada 1 September lalu. Lomba PBB ini diselenggarkan dengan tujuan meningkatkan kedisplinan dalam bertindak atau bersikap, menumbuhkan rasa tanggung jawab dan cinta tanah air di kalangan pelajar, mempererat rasa persaudaraan dan persahabatan antar sesama anggota paskibra pelajar, pramuka dan organisasi lainnya serta memperkenalkan program studi D-III KepolisianFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Langlangbuana, sebagai suatu program studi yang mempelajari Ilmu Kepolisian pada Perguruan Tinggi Umum yang pertama di Indonesia. PBB sendiri merupakan dasar dalam jiwa-jiwa disiplin kehidupan seseorang anggota TNI/POLRI maupun instansi-instansi lain, termasuk masyarakat Indonesia pada umumnya.

Menurut Kaprodi D3 Kepolisian, Dr. Lisdawati Wahyudin Dra, kegiatan PBB merupakan kegiatan yang juga menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan, disiplin yang tertanam dan tumbuh dengan kesadaran.

”Sehingga dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas di atas kepentingan individu, dan secara tak langsung juga menanamkan rasa tanggung jawab,” kata Lisdawati dalam siaran persnya.

Lisda melanjutkan, menumbuhkan adalah mengarahkan pertumbuhan tubuh yang diperlukan untuk tugas pokok tersebut sampai dengan sempurna.Rasa persatuan adalah rasa senasib sepenanggungan serta adanya ikatan batin yang sangat diperlukan dalam menjalankan tugas. Disiplin, mengutamakan kepentingan tugas di atas kepentingan individu yang hakikatnya tidak lain dari pada keihklasan, penyisihan/menyisihkan pilihan hati sendiri, dengan kesadaran yang dating dari renungan dan pemikiran.

Sementara itu, Dekan FISIP Unla, Dr. Tati Sarihati Dra., M.Si menyatakan, salah satu tujuan diselenggarakannya kegiatan lomba PBB tingkat SMP dan SMA sederajat ini, selain sebagai kegiatan rutin hima D3 Kepolisian, juga untuk menambah wawasan dan menyamakan persepsi serta pemahaman tentang PBB.

”Dengan bertemakan ALAKERIS (Ajang Lomba Ketangkasan Baris-Berbaris), kami berharap kegiatan ini dapat memacu semangat para pelajar SMP dan SMA sederajat akan pentingnya peraturan baris berbaris, juga untuk lebih mengenalkan kepada mereka akan jurusan D3 Kepolisian di FISIP UNLA,” tambah Tati.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan