Kadisdik Definitif Harus Orang Berkompeten

CIMAHI – Adanya kekosongan jabatan di Dinas Pendidikan Kota Cimahi diharapkan tidak terlalu lama. Sebab, akan berdampak pada pengambilan kebijakan.

Anggota komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi Yus Rusnaya mengatakan, untuk meningkatkan kualitas pendidikan seorang kepala dinas pendidikan harus ditunjang dengan skill memadai.

Selain itu, diperlukan kecakapan bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Disdik. Sebab, di lapangan, mereka bertanggung jawab dalam setiap kebijakan yang dikeluarkannya kepada siswa, orangtua siswa dan para guru.

’’Untuk itu, diperlukan kepala dinas yang benar benar memahami situasi dan kondisi pendidikan. Dengan kata lain, harus ada kesepahaman antara kepala dinas dan bawahannya, agar keinginan masyarakat dan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan bisa terealisasi,” jelas Yus ketika ditemui kemarin. (15/11).

Menurutnya, dalam pemiliha kepala dinas nanti harus benar benar melalui open bidding. Namun, untuk persyaratan khusus bagi peserta open bidding harus memiliki latar belakang pendidikan juga

Menanggapi kekosongan pejabat definitif di Dinas Pendidikan, Yus mengungkapkan, meski kosong tidak terlalu berdampak pada teknis, namun akan sedikit terhambat dari masalah kebijakan. Sehingga kekosongan jangan sampai memakan waktu lama.

”Kalaupun ada plt tetap tidak bisa memberikan kebijakan. Paling tidak ada limit waktu selama enam bulan dan setelah itu harus segera terisi,” paparnya.

Oleh karena itu, Yus meminta, walikota segera menempatkan orang atau melakukan open bidding untuk kepala dinas pendidikan. Sehingga instansi tersebut akan betul-betul konsentrasi dalam menangani maslah pendidikan.

”Saya rasa banyak pejabat Cimahi yang paham terkait pendidikan, jadi ngga akan terlalu sulit mencari (kadisdik),” jelasnya.

Terlebih lanjut Yus, siswa pada beberapa bulan yang akan datang akan melaksanakan Ujian Nasional (UN). Dan tentunya disdik harus terlebih dahulu menjalanani beberapa terobosa dalam membuat strategi jitu guna mencapai target yang diharapkan. (zis/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan