Jabar-Lampung Jajaki Kerjasama

BANDUNG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat kembali menjadi percontohan daerah lain. Kali ini DPRD Kabupaten Lampung Timur meniru soal perencanaan anggaran kegiatan.

Ketua DPRD Kabupaten Lampung Timur, Ali Johan Arif membenarkan tujuan mereka datang ke Jabar untuk belajar berkaitan dengan perencanaan anggaran kegiatan terutama berkaitan dengan Badan Anggaran (Banggar). Ali menilai perencanaan Banggar DPRD Jabar cukup baik, hal itu terbukti dengan serapan anggaran bisa mencapai 90 persen.

Padahal kata dia, nilai anggarannya cukup besar yakni sekitar Rp 34 Triliun. Hal itu berbanding terbalik dengan Lampung Timur yang hanya dapat menyerap anggarannya di bawah 50 persen.

”Untuk itulah, kami ingin belajar dari DPRD Jabar mengenai perencanaan anggaran kegiatannya. Karena kami menilai perencanaan yang baik akan memengaruhi terhadap serapan anggarannya. Dan Jabar salah satu contoh baiknya,” tutur Ali Johan pada Jabar Ekspres di Bandung, kemarin (31/8).

Selain mempelajari berkaitan dengan persoalan anggaran, pihaknya pun membahas berkenanaan dengan potensi yang dapat dikerjasamakan. Terutama, kata Ali berkaitan dengan sektor pariwisata dan pertanian.

Lampung, sebut dia, memiliki sektor pariwisata unggulan berkait dengan penakaran gajah. ”Ada potensi kerjasama yang bisa ditindaklanjuti, yaitu di sektor pariwisata. Salah satunya potensi soal penakaran gajah yang bisa diadopsi Jabar. Begitu pun sebaliknya tata kelola Tangkuban Perahu yang dinilai cukup baik bisa, kami pelajari untuk di Lampung,” jelasnya.
Dia menyebutkan, kendati Kabupaten Lampung Timur memiliki pariwisata Way Kambas yang dikelola Pemerintah Pusat tetapi sampai saat ini Kabupaten Lampung Timur tidak mendapatkan apa-apa. Alias tidak mendapatkan timbal balik terutama dari retribusinya.

”Oleh karena itu, kami akan belajar langsung bagaimana tata kelola destinasi (wisata). Sehingga bisa berkontribusi terhadap daerah terutama retribusinya,” ungkapnya.

Selain wisata, pihaknya juga akan menjalin kerjasama pada sektor pertanian. Apalagi sebut dia, Jabar memiliki sentra pertanian yang bagus seperti Karawang dan Cianjur.

“Semoga gagasan kerjasama ini bisa segera ditindaklanjuti oleh Pemerintah Jabar. Dan diawali oleh balasan kunjungan oleh DPRD Jabar ke Kabupaten Lampung Timur,” selorohnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan