Baru Terima Izajah Kelulusan

CIMAHI – Akibat keterlambatan distribusi blanko ijazah dari Dinas Pendidikan, sekitar 20 persen siswa lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Cimahi sampai saat ini belum menerima izajah. Padahal, para siswa ini sudah berada di bangku kelas 1 SMA.

Ketika dikonfirmasi, Kepala Sekolah SMPN 1 Cimahi, Asep Suryana membenarkan bahwa ada sekitar 404 siswa lulusan SMPN 1 Cimahi baru bisa mengambil ijazahnya pada minggu lalu. Bahkan, keterlambatan ini banyak dari para siswa baru melakukan cak tiga jari.

“Jadi siswa yang telah melanjutkan ke SMA belum menerima ijazah. Sehingga untuk masuk SMA mereka kita berikan surat keterangan lulus saja,” ujar Asep kepada wartawan kemarin. (31/8).

Untuk 404 siswa yang telah lulus itu, kata Asep, pihaknya harus membuat jadwal atau pembagian waktu ketika mereka hendak melakukan proses cap sidik jari ijazah di SMPN 1 Cimahi.

Hal tersebut, lantaran pihak sekolah tak mampu untuk melayani semua siswa secara sekaligus ketika para siswanya hendak mengambil ijazahnya.

“Karena setelah mereka melakukan cap sidik jari kita perlu scan dan membuat laporan. Bahkan datangnya mereka untuk mengambil ijazah kesini tergantung izin dari SMA,” katanya.

Dia mengatakan, untuk saat ini, sebagian siswanya telah selesai menyekesaikan proses sidik jari, sehingga ijazahnya bisa dimiliki.

“Untuk blanko sih aman tidak ada yang kurang. Sebagian siswa juga pekan ini sudah melakukan sidik jari, paling yang belum mengambil ijazahnya sekitar 20 persen lagi,” kata Asep.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan, mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan terkait keterlambatan siswa yang menerima ijazah tersebut.

“Kalau bicara aturan seharusnya para siswa menerima ijazah itu secepatnya. Tapi disamping itu jenjang sekolah tingkat SMA/SMK sudah memahami sehingga cukup melampirkan surat keterangan lulus dari sekolah,” katanya.

Namun, kata Dikdik, para siswa itu harus memenuhi administrasi ketika sudah menerima ijazahnya dan administarsi tersebut akan diminta oleh pihak SMA.

Sedangakan terkait keterlambatan distribusi blanko ijazah ke semua sekolah di Kota Cimahi, lanjutnya, untuk saat ini sudah selesai didistribusikan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan