Indonesia Wakil Pertama Asia di Piala Dunia

BADAN sepak bola dunia, FIFA, mengakui status Indo­nesia sebagai wakil pertama Asia di pentas Piala Dunia. Hal itu disebutkan FIFA mel­alui akun resmi Piala Dunia @FIFAWorldCup.

Memang, status Indonesia sebagai negara pertama Asia yang tampil di Piala Dunia sempat menjadi polemik. Pasalnya, pada Piala Dunia 1938, tim yang tampil ber­nama Hindia Belanda, dan dihuni gabungan pemain Belanda serta Indonesia.

Kala itu Indonesia memang belum merdeka dan masih dalam masa penjajahan Be­landa. Karenanya, sebagian pihak menganggap, Indone­sia bukan wakil pertama Asia yang tampil di Piala Dunia karena pada waktu itu masih era Hindia Belanda.

Namun, suka tidak suka, FIFA sudah mengakui bahwa Indonesia-lah yang menjadi wakil pertama Asia di Piala Dunia. Disebutkan bahwa Hindia Belanda alias Dutch East Indies, merupakan cikal bakal Indonesia, nama yang saat ini sah diakui sebagai anggota FIFA.

”Q: Siapa negara pertama Asia yang tampil di Piala Du­nia?” tulis akun @FIFA­WorldCup dalam betuk tanya jawab kepada follower-nya pada Jumat (26/1). Dalam cuitan itu pula, FIFA membe­rikan jawabannya: ”A: Dutch East Indies (Hindia Belanda), sekarang dikenal sebagai In­donesia (@pssi__fai), men­capai putaran final PIala Du­nia 1938 di Prancis”.

Dalam cuitan sehari sebe­lumnya, @FIFAWorldCup juga mengunggah sebuah video kisah di Piala Dunia 1038 dengan menyebutkan nama Indonesia. ”Indonesia, seba­gai Dutch East Indies (Hindia Belanda), menjadi tim per­tama dari Asia yang mencapai Piala Dunia. Pelajari lebih lanjut cerita dari Prancis 1938,” tulisnya.

Bahkan, FIFA kembali mem­buat unggahan serupa pada Minggu (28/1). ”TONTON: Cerita menarik dari tim per­tama Asia di Piala Dunia,” cuit @FIFAWorldCup dengan menyertakan logo bendera Merah Putih.

Sementara, dalam sebuah artikel di situs resminya, FIFA menjelaskan bagaimana In­donesia tampil di Piala Dunia 1938. Disertakan juga video footage terkait kisah Indone­sia di ajang terakbar antarne­gara dunia itu.

”Australia, Iran, Jepang, Arab Saudi, dan Korea Selatan, akan mendapat kehormatan me­wakili Konfederasi Sepak Bola Asia di Piala Dunia FIFA 2018 di Rusia. Tapi penampi­lan pertama di panggung Piala Dunia tidak dimulai dengan salah satu dari tim-tim yang menjadi kekuatan utama di Asia itu,” tulis FIFA.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan