HPS Tingkat Jabar Digelar di Dome Balerame

SOREANG – Kabupaten Bandung dipercaya sebagai tuan rumah peringatan HPS (Hari Pangan Sedunia) ke 38 tingkat Jawa Barat. kegiatan ini diperingati setiap 16 Oktober, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya masalah pangan.

Asisten Ekonomi dan Kesejahteraan Sekretariat Daerah Kabupaten Bandung H. Marlan menyebutkan, Pelaksanaan HPS ke 38 tingkat Jabar, rencananya dilaksanakan pada 7 sampai 9 Nopember 2018 mendatang, di Dome Balerame Sabilulungan Soreang.

“Ini merupakan momentum penting untuk mengkampanyekan pangan yang beragam, bergizi seimbang dan halal. Kita dorong agar masyarakat mengetahui juga keanekaragaman olahan pangan lokal,” ungkap Marlan saat memimpin Rapat Persiapan HPS ke 38 tingkat Jabar di Bale Winaya Soreang, kemarin (16/10).

Marlan mengatakan, peringatan akan melibatkan seluruh Perangkat Daerah (PD), sesuai dengan wewenang kerja masing-masing. Bahkan, seluruh koordinator tugas bisa proaktif menggerakan anggotanya untuk ikut mensukseskan HPS ke 38.

“Ini hajat kita bersama, bukan hanya Dinas Pakan (Pangan dan Perikanan). Jadi saya harap semuanya bisa sabilulungan mensukseskan HPS, di awal kepemiminan Gubernur yang baru ini,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Ir. Dadang Hermawan menjelaskan secara teknis, peringatan HPS ke 38 akan menampilkan beragam kegiatan menarik. Selain pameran hasil pangan dari seluruh wilayah Kabupaten Bandung, bazar aneka kuliner yang bergizi dan lezat, melibatkan para pelaku industri pangan lokal.

“Ini juga bisa jadi ajang promosi kuliner khas Kabupaten Bandung melalui kehadiran UMKM dan wisata edukasi untuk para pelajar. Anak zaman now harus tahu panganan local yang bergizi, enak, halal dan berbahan alami, supaya bisa mendukung tumbuh kembang anak,” jelasnya.

Dadang Hermawan mengatakan, rencananya selain bazar kuliner, pasar murah bahan pangan, aneka perlombaan dan berbagai acara hiburan lainnya akan memeriahkan HPS ke 38.

“Kabupaten Bandung ini banyak sekali potensinya, jadi nanti para peserta HPS dan masyarakat pengunjung bisa memanfaat momen ini, karena akan ada berbagai acara spektakuler yang mengedukasi, menghimbur juga persuasif,’’kata dia.

Pada acara tersebut nantinya, skan ada pameran produk bahan pangan, teknologi agrikultur, pameran UKM produk jadi bahan pangan dan pameran CSR terkait dukungan terhadap penyediaan bahan pangan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan