Heynckes Tertua, di Francesco Si Newbie

DARI delapan pelatih yang membawa timnya ke delapan besar Liga Champions ini, der trainer Bayern Muenchen Jupp Heynckes merupakan yang paling senior. Tahun ini Heynckes akan menginjak usia 73 tahun.

Menyusul di belakang Heynckes ada nama Ernesto Valverde/Barcelona (53 tahun), Massimiliano Allegri/Juventus (50 tahun), Juergen Klopp/Liverpool (50 tahun), Eusebio Di Francesco/AS Roma (48 tahun), Pep Guardiola/Manchester City (47 tahun),  Zinedine Zidane/Real Madrid (45 tahun), dan Vincenzo Montella/Sevilla (43 tahun).

Selain paling senior, Heynckes juga mencatatkan rekor tersendiri pada pertandingan leg kedua 16 besar lawan Besiktas kemarin (15/3). Heynckes menjadi pelatih dengan streak kemenangan terpanjang di Liga Champions dengan 11 pertandingan.

Kesebelas kemenangan itu terjadi sejak fase perempat final sampai final musim 2012-2013 (lima kemenangan). Ditambah musim 2017-2018 sejak menggantikan Carlo Ancelotti 9 Oktober silam, sudah ada enam kemenangan yang dicapai Heynckes.

“Manajer punya pikiran yang berbeda dengan yang dipunyai media. Untuk saya (rekor ini) adalah tentang bermain sepak bola dengan bagus, melihat tim saya berimprovisasi, dan menawarkan satu pertunjukan yang apik,” kata Heynckes dalam situs resmi UEFA kemarin.

Hanya ada dua pelatih sebelum Heynckes yang punya rentetan kemenangan dengan dua digit (10 laga). Yakni Louis van Gaal (periode Barcelona dan Bayern, Mei 2000 sampai September 2009) dan Carlo Ancelotti (Real Madrid, April 2014 sampai Februari 2015).

Nah, soal jam terbang melatih allenatore AS Roma Eusebio Di Francesco bisa disebut newbie. Pada musim pertamanya di Liga Champions ini, Di Francesco malah langsung membawa Giallorossi ke perempat final. Satu pencapaian yang terakhir terjadi sewindu lalu.

“Saya ingin terus bermimpi dengan tim ini. Saya bangga melihat banyak sekali orang yang berdiri dan bersuka ria untuk kami,” tutur Di Francesco soal pengalaman pertamanya bersama AS Roma di Liga Champions musim ini.

Di sisi lain, Heynckes dan entrenador Sevilla Vincenzo Montella merupakan dua pelatih dengan status suksesor. Kalau Heynckes menggantikan Ancelotti. Maka Montella adalah pengganti Eduardo Berizzo pada Desember lalu. (dra/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan